22 July 2024

Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) menyampaikan kepemilikan sahamnya pada PT Karya Logistik Nusantara (KLN).

Agus Purbianto Direktur Keuangan PTPP dalam keterangan tertulisnya (28/7) menuturkan bahwa saham PTPP pada KLN berkurang seiring dengan selesainya transaksi penyertaan modal oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) pada KLN dimana SMGR meningkatkan setoran modal untuk KLN dari sebelumnya Rp85 miliar menjadi Rp107,50 miliar atau sebesar Rp22,50 miliar setara 22.500 lembar dengan harga per lembar Rp1 juta.

Sebagai informasi, KLN didirikan oleh PT Hutama Karya (Persero) (HK), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), PT PP (Persero) Tbk (PP), PT Brantas Abipraya (Persero) (BA), dan PT Nindya Karya (Persero) (NK). Perusahaan ini dibentuk untuk menangani jasa produksi beton dan logistik untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

PTPP merupakan salah satu pemegang saham KLN dengan persentase kepemilikan sebesar 17,65 persen dari modal ditempatkan dan disetor atau sejumliah Rp15 miliar.

“Pasca peningkatan modal SMGR maka menyebabkan perubahan porsi kepemilikan saham PTPP pada PT KLN yang semula sebesar 17,65 persen dari modal ditempatkan dan disetor menjadi sebesar 13,95 persen,” tuturnya.

Agus Purbianto menambahkan perubahan persentase kepemilikan saham PTPP pada PT KLN tidak berdampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha PTPP.