18 June 2024

SinarHarapan.id – Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pendidikan di Indonesia yang disampaikan dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) YPA-MDR ke-15 bertema ‘Never Give Up’ di Kantor Pusat YPA-MDR (11/1). Pada usia lustrum ketiga ini, YPA-MDR telah membina 125 sekolah yang tersebar di 14 kabupaten yang menjangkau lebih dari 2.000 guru dan lebih dari 29.000 siswa. Selain itu, YPA-MDR juga telah mengukuhkan 32 sekolah yang dilakukan melalui Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) ke-10 yang diadakan di Surabaya pada November tahun lalu.

Hadir dalam acara ini Direktur Astra Gita Tiffani Boer, Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim, serta para pengurus YPA-MDR. Dalam acara ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim menyampaikan ucapan selamat dan mengapresiasi upaya YPA-MDR dalam berkontribusi untuk pendidikan di Indonesia.

“Selamat ulang tahun ke-15 untuk Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim dan semoga di usia yang semakin matang ini, YPA-MDR terus bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ujar Mendikbudristek RI Nadiem Makarim dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Pengurus YPA-MDR, Gunawan Salim mengatakan, “YPA-MDR terus bersemangat dan pantang menyerah untuk membangun pendidikan Indonesia, terutama di wilayah tertinggal dan strategis untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul dan berwawasan global.”

Pada kesempatan ini, Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim juga mengumumkan tentang peluncuran buku biografi YPA-MDR edisi kedua berjudul Lustrum Ketiga YPA-MDR Berbakti: Melayani Dengan Hati, Bukan Sekadar Berbagi yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Selain itu, YPA-MDR juga akan menerbitkan buku Bina Inovasi Siswa (BISA) berjudul “Lingkunganku Sumber Inspirasiku,” yaitu kumpulan karya para siswa dari jenjang SD, SMP, SMA/K yang menjadi wujud kontribusi YPA-MDR dalam implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengadaptasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Acara HUT ke-15 YPA-MDR dimulai dengan penampilan penari binaan YPA-MDR yang berhasil memenangkan Lomba Tari Kreasi Siswa Sekolah Binaan YPA-MDR 2023, yaitu SDN Hegarmanah, SDN Pabangbon 01, SDN Karyasari 01, dan SMPN 4 Pandak. Kemudian, rangkaian acara dilanjutkan dengan peluncuran lagu mars YPA-MDR terbaru dan peresmian kantor baru di lantai 5 Gedung B AMDI Sunter yang berlokasi di Jalan Gaya Motor Raya No. 8, Sunter II, Jakarta Utara.

Tahun 2024 membuka peluang baru bagi YPA-MDR untuk terus berkarya melalui program unggulan, yaitu Guru Muda Garda Depan (GMGD), Sekolah Berbasis Digital, Karya Inovasi dan Improvement, Olimpiade Sains, dan Cerdas Matematika (Cermat). Selain itu, YPA-MDR juga akan membina dua wilayah baru, yaitu 13 sekolah di Kabupaten Lebak dan 14 sekolah di Kabupaten Sumba Timur.

Selama berdiri, YPA-MDR terus berjuang untuk memenuhi hak generasi muda bangsa Indonesia yang tinggal di daerah tertinggal dengan membuka akses pendidikan yang berkualitas, berdasarkan nilai-nilai leluhur, dan berkelanjutan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Sekilas Tentang Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR)

Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) secara khusus didirikan oleh PT Astra International Tbk adalah yayasan yang melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat di bidang pendidikan di daerah tertinggal.   

YPA-MDR melaksanakan tahapan pembinaan 5 tahun yang terdiri dari Empat Pilar, yaitu Karakter, Akademik, Kecakapan Hidup, dan Seni Budaya untuk diterapkan dalam Kurikulum Merdeka, yaitu pembelajaran intrakurikuler yang beragam berupa pelatihan serta pendampingan intensif.

YPA-MDR saat ini membina 125 sekolah terdiri dari 88 SD, 24 SMP, dan 13 SMA/K yang menjangkau 2.094 guru serta 29.107 siswa di 14 Kabupaten (Bogor, Gunung Kidul, Bantul, Lampung Selatan, Pacitan, Serang, Kupang, Rote Ndao, Kapuas, Barito Utara, Tangerang, Majalengka, Manggarai Timur, dan

Penajam Paser Utara). Pada 2024, YPA-MDR akan menambah dua wilayah binaan, yakni Kabupaten Lebak dengan 13 sekolah (9 SD, 3 SMP, dan 1 SMK) dan Kabupaten Sumba Timur dengan 14 sekolah (10 SD, 3 SMP, dan 1 SMK) sehingga berjumlah 16 kabupaten binaan.

Sesuai dengan butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara,” YPA-MDR memiliki visi untuk menjadi lembaga sosial yang terkemuka dan kredibel di bidang pendidikan, khususnya di daerah agar seluruh elemen pendidikan mampu meningkatkan kualitas dari segi akademik, intelektual dan kompetensi kecakapan hidup, seni budaya serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur bangsa Indonesia yang majemuk sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional.  

YPA-MDR berperan aktif sebagai agent of change dan agent of development dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dengan membantu pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, pengembangan kurikulum dan manajemen sekolah serta penyediaan sarana prasarana sekolah sesuai Standar Mutu Pendidikan Nasional.   YPA-MDR mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkait yang bersama-sama telah mendukung dan turut berkontribusi memajukan dunia pendidikan khususnya di daerah tertinggal.