21 June 2024

StockReview.id –  Badan Usaha Pelabuhan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Kepulauan Riau mencatatkan peningkatan jumlah kunjungan kapal ke Pelabuhan dalam wilayah kerja BP Batam pada periode Triwulan I Tahun 2024 sebesar 9 persen, atau sebanyak 24.818 frekuensi berlayar (call) kapal.

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam Dendi Gustinandar dalam keterangan yang diterima di Batam, Selasa mengatakan dari sisi Tonase Kotor (Gross Tonnage/GT) terdapat peningkatan sebesar 15 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2023 atau mencapai 12.198.068 GT.

“Adapun jumlah kunjungan kapal tersebut meliputi kapal barang maupun penumpang yang berkegiatan di wilayah kerja BP Batam,” kata Dendi.

Ia peningkatan jumlah kunjungan kapal dari sisi call dan GT merupakan sebuah bukti bahwa Pelabuhan Batam masih terus diandalkan sebagai gerbang masuk domestik dan internasional untuk arus barang maupun penumpang.

“Meningkatnya kunjungan kapal di Pelabuhan Batam yang terdiri dari Pelabuhan Barang dan Pelabuhan Penumpang dapat diartikan sebagai indikator positif perkembangan ekonomi Batam, karena semakin banyak kapal yang melintasi Perairan Batam untuk mengangkut barang dan penumpang,” ujar dia