24 July 2024

SinarHarapan.id-Epson Indonesia dengan bangga mengumumkan komitmennya untuk terus mendukung Pemerintah Republik Indonesia dalam meningkatkan penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN).

Sebagai bagian dari upaya ini, Epson meluncurkan rangkaian produk terbaru yang meliputi proyektor, document scanner, dan printer bisnis yang dirancang dan diproduksi oleh PT Indonesia Epson Industry yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Kami bangga dapat mengumumkan bahwa saat ini kami telah memiliki 56 produk bersertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), dengan tambahan 15 produk lainnya yang sedang dalam proses sertifikasi.

“Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian RI mengapresiasi dukungan nyata oleh Epson melalui investasi perluasan produksi proyektor yang sebelumnya diproduksi di luar negeri dan mulai Juli 2024 dipindahkan ke Indonesia.” ujar Priyadi Arie Nugroho selaku Direktur Industri Elektronik dan Telematika (IET), Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Produk-produk baru ini memanfaatkan teknologi terkini yang memastikan kualitas tinggi dan efisiensi yang luar biasa, sekaligus memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan oleh pemerintah. Langkah ini tidak hanya memperkuat posisi Epson sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi, tetapi juga sebagai mitra yang berkomitmen untuk mendukung perekonomian lokal.

“Kami bangga dapat mendukung inisiatif pemerintah untuk memperkuat industri lokal melalui peluncuran produk-produk berkualitas tinggi yang dibuat di Indonesia,” ujar Ng Ngee Khiang, Managing Director dari Epson Indonesia.

Peluncuran ini mencakup berbagai produk seperti proyektor terbaru dengan kualitas gambar cerah dan tajam, document scanner dengan kecepatan dan akurasi tinggi, serta printer bisnis yang mampu mencetak dengan kecepatan tinggi dengan sekaligus menghemat energi dan biaya. Semua produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri, dari pendidikan hingga bisnis, serta membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional.

Epson Meluncurkan Proyektor EB-E600 & EB-X600 Sebagai Proyektor 3LCD yang Pertama Diproduksi di Indonesia Untuk Mendukung Industri Lokal
Epson sebagai pemimpin pasar projector di Indonesia dengan market share tertinggi 51,2% (future source) dengan bangga mengumumkan peluncuran dua produk terbaru, EB-E600 dan EB-X600, yang merupakan pengembangan dari seri EB-E500 dan EB-X500 sebelumnya yang telah sukses di pasaran. Peluncuran ini dijadwalkan pada Juni 2024 dan akan mulai tersedia di pasar pada bulan Agustus 2024.
Produk EB-E600 dan EB-X600 dirancang untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung berbagai kebutuhan Pendidikan dan perkantoran.

Kedua produk ini dirancang untuk memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi, sejalan dengan komitmen Epson untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam meningkatkan penggunaan produk-produk dalam negeri.

“Peluncuran EB-E600 dan EB-X600 membuktikan dedikasi dan komitmen kami secara tersu menerus untuk menyediakan teknologi projector terbaik kepada dunia Pendidikan Indonesia dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien,” ujar Zanipar SA Siadari, Head of Product Marketing, Visual Instrument and Corporate Product Epson Indonesia.”

Proyektor EB-X600 dari Epson hadir dengan berbagai kelebihan yang membuatnya ideal untuk berbagai keperluan mengajar pada dunia Pendidikan dan presentasi pada dunia perkantoran dengan kecerahan hingga 3600 lumens baik putih maupun warna, proyektor ini mampu menghasilkan gambar yang cerah dan tajam, serta nyaman di mata bahkan di ruangan yang terang sekalipun. Dilengkapi dengan resolusi XGA dan rasio kontras 16.000:1 proyektor mampu menghasilkan gambar yang tajam dan detil baik untuk menampilkan teks maupun grafis bewarna dengan kualitas tinggi.

Memanfaatkan daya lampu 210W, proyektor ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, hingga mencapai 6000 jam dalam mode normal dan 12000 jam dalam mode ekonomis, yang dapat mengurangi frekuensi penggantian lampu dan biaya perawatan.

Proyektor ini menawarkan fleksibelitas melalui berbagai terminal input seperti dua buah D-Sub15 (VGA), Composite Video (RCA), HDMI, serta USB Type A dan Type B, walaupun telah memiliki pengeras suara internal 5W Mono yang cukup untuk kebutuhan audio dalam presentasi skala kecil hingga menengah, proyektor tetap dilengkapi dengan audio input (RCA/Stereo mini jack) dan output audio (Stereo mini), untuk kemudahan dalam menghubungkan perangkat audio eksternal.

Untuk memudahkan pengguna pada saat presentasi proyektor memiliki fitur keystone correction vertikal dan horizontal dengan rentang +/- 30 derajat dan fitur Auto Keystone yang mampu menyesuaikan gambar agar proporsional, meskipun pada saat proyektor terpasang dalam posisi yang tidak sejajar dengan layar.

Dengan dimensi 302 x 92 x 249 mm dan berat hanya 2.7 kg, proyektor dengan mudah dapat digunakan pada saat berpindah ruangan kelas. Dilengkapi dengan konektivitas jaringan LAN RJ45, pengguna dapat memantau dan mengendalikan proyektor dari jarak jauh dan dengan adanya opsi untuk menambahkan konektivitas nirkabel, akan memungkinkan pengguna melakukan presentasi tanpa menggunakan kabel.
Keseluruhan fitur dan manfaat, proyektor EB-E600 dan EB-X600 menjadikan proyektor ini menjadi pilihan yang tepat bagi tenaga pengajar di dunia pendidikan dan juga pengguna perkantoran.

Epson Memperluas Jajaran Produk Printer Multifungsi Berukuran A4 Melalui Peluncuran AM-C400 & AM-C550 Berteknologi Line Inkjet Sebagai Solusi Pencetakaan Perkantoran dengan Produktivitas Tinggi yang Ramah Lingkungan.

Dengan meluncurkan dua produk baru, AM-C400 dan AM-C550, dirancang untuk memberikan solusi pencetakan perkantoran yang andal dengan fitur-fitur canggih dan efisiensi tinggi. Keduanya dirancang untuk dapat memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi dalam rangka, mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

Riswin Li, Head of Marketing Epson Indonesia mengatakan, “Kami yakin bahwa produk-produk ini akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan kami serta berkontribusi pada penguatan ekonomi nasional.”

Dengan teknologi Heat Free (bebas panas) dan printhead precision core AM-C400 dan AM-C550 menawarkan berbagai fitur unggulan, termasuk kecepatan cetak tinggi, kualitas cetak yang superior, dan konsumsi energi yang efisien. Produk-produk ini akan membantu pengguna perkantoran untuk meningkatkan produktivitas pencetakan di lingkungan kerja dan secara langsung dapat berkontribusi pada pengurangan dampak lingkungan melalui fitur dan teknologi yang disematkan diantaranya:
Eco Conscious (Ramah lingkungan)
Sebagai komitmen nyata terhadap keberlanjutan, printer ini dirancang untuk mengurangi konsumsi daya listrik rendah (hanya 95W) yang mampu menghemat biaya dan sekaligus mengurangi emisi karbon hingga 85%.

High Print Speed (Kecepatan cetak tinggi)
Kecepatan cetak yang konsisten dengan printhead statis, AM-C400 mampu mencetak hingga 40 halaman per menit dan AM-C550 hingga 55 halaman per menit, sehingga memastikan produktivitas tinggi untuk setiap tugas pencetakan.
Compact Size (Ukuran ringkas)
Desain yang ringkas dan dinamis dengan ukuran hanya 465 x 490 x 570 mm, membuatnya sangat ideal untuk ditempatkan di ruang perkantoran bahkan area yang terbatas.