18 June 2024

SinarHarapan.id-BMW Group Indonesia umumkan hasil penjualan yang luar biasa untuk BMW dan MINI pada tahun 2023 dan berhasil raih rekor penjualan tertinggi dengan 5,063 unit. Angka ini meningkat sebesar 35.3% dibandingkan hasil penjualan tahun 2022 yaitu 3,742 unit.

Rekor penjualan tersebut terdiri dari 4,172 unit kendaraan BMW dan 891 unit MINI. Pertumbuhan penjualan sebesar 38% (year-on-year) bagi BMW dan 24% (year-on-year) bagi MINI. Tren positif dan pencapaian pertumbuhan ini tekankan kepercayaan yang berkesinambungan dari para pelanggan Indonesia kepada rangkaian kendaraan terbaru dari BMW dan MINI.

Minat terhadap rangkaian kendaraan listrik BMW sangat meningkat, dengan 745 unit dikirimkan ke pelanggan di Indonesia pada tahun 2023. Sementara itu, MINI Electric juga sangat diminati, terjual sebanyak 172 unit atau 19% dari total penjualan MINI di Indonesia. Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa BMW tetap menjadi brand otomotif premium terdepan di Indonesia dan menjadi nomor satu di segmen kendaraan listrik premium.

“Berkat kerja sama yang erat dengan mitra strategis, didorong oleh kinerja kuat karyawan dan para diler, BMW Group mampu mencapai penjualan tertinggi sepanjang masa pada tahun 2023. Total penjualan 5,063 unit merupakan angka yang fantastis dan bersejarah untuk BMW Group Indonesia serta industri otomotif Indonesia. Untuk pertama kalinya produsen kendaraan premium di Indonesia dapat melampaui penjualan 5000 unit. Keberhasilan ini tunjukkan bahwa brand BMW dan MINI, baik kendaraan maupun ragam layanan premium BMW Group berhasil penuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. Selain itu alternatif pilihan mesin penggerak dan teknologi terbaru kami diapresiasi dengan baik oleh pelanggan. Prestasi ini akan menjadi semangat baru untuk kami di tahun 2024,” ujar Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

“Dengan rangkaian kendaraan listrik terbaru BMW dan MINI yang sangat menarik, dan berteknologi luar biasa, kami mampu meningkatkan mobilitas listrik secara lebih dinamis pada tahun 2023 dan menjadi pemimpin di segmen kendaraan listrik premium Indonesia dengan mendominasi 60.5% dari total pasar,” tambah Ramesh.

BMW tetap menjadi brand premium terdepan baik secara global maupun di Indonesia. Dengan total 2,253,835 kendaraan yang dikirimkan ke pelanggan di seluruh dunia pada tahun 2023, brand BMW membukukan pertumbuhan sebesar +7,3% dari tahun sebelumnya, dengan penjualan mencapai rekor tertinggi baru sepanjang masa.

Hal yang sama untuk pasar Indonesia dengan total penjualan 4,172 unit dan peningkatan +38% dimana hasil ini merupakan salah satu pertumbuhan tertinggi di market BMW di seluruh dunia. Yang lebih mengesankan lagi, rekor pertumbuhan BMW di Indonesia pada tahun lalu menyusul peningkatan sebesar 24% pada tahun 2021 hingga 2022.

Model kendaraan di segmen Luxury, seperti BMW Seri 7 dan BMW X7, mendapatkan permintaan yang cukup tinggi pada tahun 2023. Hal ini dibuktikan dengan penjualan BMW Seri 7 yang kini hadir dengan varian mesin konvensional dan listrik, meningkat hampir 3 kali lipat menjadi total 219 unit dibandingkan penjualan pada tahun sebelumnya. BMW i7 (full-elektrik) juga menjadi model terlaris di segmennya.

Untuk BMW, penjualan tertinggi adalah model full-listrik, BMW iX dengan 587 unit – tekankan posisinya sebagai kendaraan listrik premium no 1 di Indonesia dan menjadi favorit pelanggan. Tegaskan komitmen di elektrifikasi, 17.9% dari total penjualan kendaraan BMW di Indonesia adalah kendaraan full listrik.

Disusul dengan BMW Seri 3 – sedan paling legendaris dengan total penjualan 581 unit dan BMW X5 Sport Activity Vehicle premium favorit di Indonesia dengan total penjualan yang sama, 581 unit. Kemudian hadir BMW X3, Sport Activity Vehicle premium yang cocok untuk berbagai medan dengan 467 unit. Sedan bisnis paling sukses, BMW Seri 5 hasilkan penjualan sebesar 382 unit, meningkat 29,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

“BMW akan terus secara konsisten tingkatkan penjualan kendaraan listrik, dan mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Tahun ini, BMW Indonesia akan memperkenalkan beberapa kendaraan listrik terbarunya, antara lain BMW i5 dan BMW iX1,” lanjut Ramesh.

Prestasi dalam hal peningkatan penjualan kendaraan full listrik ini juga sekaligus membantu BMW penuhi komitmennya dalam hal Sustainability. BMW juga secara konsisten terlibat secara aktif dan turut menyukseskan berbagai acara bertaraf internasional di tahun 2023 dengan rangkaian kendaraan listriknya mulai dari digunakan oleh para pemimpin negara di Labuan Bajo dengan BMW iX yang menjadi Sustainable Mobility Partner dari KTT ASEAN ke-42, BMW i7 menjadi Sustainable Mobility Partner dari KTT ASEAN ke-43 di Jakarta dan juga KTT AIS di Bali. BMW iX, BMW i4, dan MINI Electric juga menjadi Lead Car dari acara marathon bertaraf global.

BMW M raih pertumbuhan tertinggi sepanjang masa.

Dengan total 400 unit kendaraan sport performa tinggi yang terjual pada tahun 2023, BMW M GmbH membukukan hasil terbaiknya di Indonesia dengan peningkatan +152%  dibandingkan tahun sebelumnya. Hampir setiap 1 unit BMW yang terjual di Indonesia merupakan M High-Performance model (400 unit dari 4,172 unit), pangsa penjualan tertinggi di dunia. Pencapaian ini didorong oleh suksesnya peluncuran rangkaian kendaraan BMW M terbaru mulai dari All-New BMW M2, BMW M4 Competition Convertible, BMW M3 Competition Touring M xDrive, BMW M3 CS, hingga kendaraan Plug-in Hybrid (PHEV) termewah dan terbuas: BMW XM, dan masih banyak lagi.

Penjualan tertinggi BMW M diraih oleh kendaraan performa tinggi dua pintu BMW M4 dengan total penjualan 193 unit.

MINI semakin populer di kalangan pelanggan dan raih rekor penjualan di tahun 2023. Dengan keseruan berkendara khas go-kartnya, MINI kembali buktikan bahwa ikon desain unik ini tidak pernah gagal untuk menghadirkan senyum di wajah para pelanggannya, di mana tahun lalu merupakan rekor baru untuk brand MINI di Indonesia dengan penjualan sebanyak 891 unit kendaraan sepanjang 2023, hasil ini meningkat 24% dibandingkan tahun 2022. Peningkatan angka penjualan MINI di Indonesia telah mendorongnya masuk ke dalam top 5 besar pertumbuhan penjualan MINI di seluruh dunia.

MINI paling legendaris: MINI 3-Door, termasuk di dalamnya MINI Electric menjadi model paling favorit dengan 327 unit, diikuti oleh MINI Countryman rakitan lokal dengan 307 unit. Pada tahun 2023, MINI juga menghadirkan dua kendaraan Special Edition: MINI Cabrio Seaside Edition dan MINI Cooper S 5-Door Sport. MINI siap menjadikan tahun 2024 tahun yang istimewa untuk MINI dengan serangkaian kendaraan terbarunya termasuk generasi terbaru MINI.

BMW Group Indonesia terus perluas jaringannya di Indonesia.

BMW Group Indonesia juga hadir semakin dekat dengan pelanggan melalui peresmian ragam diler yang kini menggunakan konsep Retail.Next, inisiatif strategis, lintas fungsi, dan berskala global yang bertujuan untuk berikan pengalaman pelanggan premium terbaik di kelasnya. BMW Tunas Tomang, BMW Performance Motors Thamrin, dan Plaza MINI Surabaya diresmikan pada tahun 2023. Pada tahun 2024, BMW dan MINI akan hadirkan lebih banyak showroom diler dengan konsep Retail.Next dan targetnya seluruh lokasi telah menjadi diler Retail.Next pada 2026.

“Mewakili BMW Group Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pemangku kepentingan mulai dari karyawan BMW Group Indonesia, seluruh diler BMW dan MINI, pelanggan, penggemar dan tentunya rekan media yang telah berkontribusi menyukseskan perjalanan BMW Group untuk kembali pecahkan rekor penjualan terbaru di tahun 2023. Terima kasih juga untuk respon positif dan antusiasme terhadap brand dan rangkaian kendaraan serta pengalaman premium dari kami. Tahun ini merupakan tahun yang penuh tantangan sekaligus menarik bagi kami. Dengan rangkaian model inovatif seperti BMW i5 dan rencana strategis yang matang untuk kendaraan mewah serba listrik, kami yakin BMW Group Indonesia akan mempertahankan posisi nomor satu di segmen premium. Indonesia memiliki basis konsumsi domestik yang besar, dan kelas menengah atas terus tumbuh secara signifikan dan akan terus bertambah. Peningkatan kesadaran akan kendaraan listrik di Indonesia diharapkan terus tumbuh dan memperluas pasar pelanggan di Indonesia,” tutup Ramesh.

Di tahun ini secara total BMW Group Indonesia berhasil luncurkan total 17 model kendaraan. Tekankan tema ‘The Next Level of Luxury’, pada tahun 2023 beberapa model yang diluncurkan adalah New BMW X7, All-New BMW Seri 7 dengan BMW i7 dan BMW 735i M Sport, kendaraan sedan termewah yang tekankan inovasi pada kelas otomotif mewah.(isn)