21 June 2024

StockReview.id – PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat pergerakan penumpang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten selama puncak arus balik 15 April 2024 (H+4) sebanyak 186.774 orang dengan dengan pesawat 1.153 penerbangan.

“Jumlah penumpang pada puncak arus balik sebanyak 186.774 orang dengan pergerakan pesawat 1.153 penerbangan,” kata VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro di Tangerang, Selasa.

Asmoro menyampaikan, selain di Bandara Soetta, peningkatan pergerakan penumpang juga terjadi di 20 bandara AP II lain yakni sebesar 309.477 orang atau naik 24 persen dibandingkan dengan H+4 tahun lalu yakni 249.090 orang.

Sementara itu, pergerakan pesawat mencapai 2.010 penerbangan, naik 11 persen dari sebelumnya 1.808 penerbangan.

“Titik penting pada aspek operasional dan pelayanan dapat dijaga dengan baik, sehingga alur keberangkatan dan kedatangan penumpang pada puncak arus balik berjalan lancar. Kami berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan atas dukungan dan kolaborasi serta koordinasi yang erat,” katanya.

Adapun salah satu wujud dukungan dan kolaborasi pemangku kepentingan adalah penambahan personel pelayanan pada puncak arus balik. Maskapai dan ground handling menambah personel untuk pelayanan bagasi yang menjadi titik paling penting pada arus balik, sehingga proses penanganan bagasi berjalan baik dan lancar mulai dari penurunan bagasi dari pesawat, lalu penanganan bagasi di make up area, hingga bagasi siap diambil penumpang di baggage claim area di dalam terminal.

“Penambahan personel contohnya ada di Bandara Soekarno-Hatta, di mana operator ground handling menambah lebih dari 100 personel di Terminal 2,” katanya.