18 June 2024

StockReview.id – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) berencana memperluas jangkauan usahanya dengan mengembangkan layanan Alfagift dalam waktu dekat. Tujuannya adalah untuk mencapai seluruh konsumen di Indonesia.

Diketahui bahwa layanan Alfagift dikembangkan sebagai platform keanggotaan daring bagi konsumen yang akan menjadi anggota Alfamart. Menurut informasi yang disampaikan dalam Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Manajemen AMRT menjelaskan bahwa Alfagift akan terus disempurnakan agar Alfamart tetap relevan dengan preferensi semua segmen masyarakat, khususnya kalangan muda, dengan menerapkan teknologi terkini yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Langkah tersebut diharapkan dapat membantu AMRT dalam menjangkau pasar secara lebih efektif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Namun, rencana tersebut akan dijalankan setelah AMRT menambah kegiatan usaha di portal web dan platform daring dengan tujuan komersial. Menurut Manajemen, penambahan kegiatan usaha ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan sebesar 4,56% dan memperkirakan peningkatan laba kotor sekitar 2,95%. Analisa dampak keuangan ini didasarkan pada proyeksi pada tahun keenam operasional Alfagift.

Diperkirakan bahwa laba bersih perseroan akan meningkat menjadi Rp 3,049 triliun dari sebelumnya Rp 2,949 triliun, dan aset AMRT juga akan bertambah menjadi Rp 32,244 triliun dari Rp 32,073 triliun.

Selain itu, penambahan usaha tersebut juga diperkirakan dapat meningkatkan rasio keuangan perusahaan, di mana rasio lancar tetap 0,96 X, ROA menjadi 9,46% dari 9,2%, dan ROE naik menjadi 19,28% dari 18,77%.

Rencana pengembangan ini harus disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diadakan pada tanggal 16 Mei 2024 mendatang.