21 June 2024

Kabid Humas Kombes Polda Bali Pol. Jansen Avitus Panjaitan S.I.K., M.H.

BALI (SinarHarapan.id) – Polda Bali mengatakan siap mengerahkan ribuan personel guna mengamankan pawai ogoh-ogoh saat malam Pangrupukan,  Minggu (10/3), menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1946. Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan S.I.K., M.H. mengatakan, pengamanan rute dari personel Ditlantas dilaksanakan di titik-titik tertentu seputaran kota Denpasar.

Konsentrasi masa diperkirakan terpusat di bundaran Patung Catur Muka Lapangan Puputan badung I Gusti Nurah Made Agung , yang menjadi lokasi ogoh-ogoh melakukan atraksi. Selain Pam rute Polda Bali, kata Kombes Pol. Jansen,  pihaknya juga menyiagakan pasukan Brimob bergabung dengan Ditsamapta, Reskrim dan Satker lainnya, pasukan Unit Kerja Lapangan (UKL) di 6 titik lokasi dianggap rawan gangguan Kamtibmas. 6 UKL tersebut sudah memiliki wilayah tugas masing-masing akan bergerak cepat jika ada permasalahan.

Polda Bali juga menyiapkan tim Patroli Mobile dari pasukan Brimob dan Samapta serta gabungan Satker lainnya. Tim ini akan melakukan tugas patroli mobile untuk mencegah gangguan Kamtibmas di seputaran kota Denpasar. Polda Bali berharap pelaksanaan pawai ogoh-ogoh akan dilaksanakan Minggu (10/3) dapat berlangsung tertib, aman dan lancar.

”Kami mengimbau seluruh seka teruna-teruni khususnya Kota Denpasar akan mengarak ogoh-ogoh tetap tertib dan sesuai awig-awig yang berlaku. Kepada masyarakat Kota Denpasar yang hadir menyaksikan pawai ogoh-ogoh, kami minta tertib dan saling menghargai, serta menghormati,’’ pintanya.

Kombes Pol. Jansen meminta masyarakat tidak mengkonsumsi miras (minuman keras) karena sangat berbahaya. Pengamanan ini juga dilaksanakan di seluruh wilayah hukum Polres/Polresta jajaran Polda Bali. ”Mari kita semua sambut  Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1946 dengan baik dan bersama kita ciptakan Bali tetap ajeg, aman dan kondusif,’’ tutupnya.