17 June 2024

SinarHarapan.id – Ratusan warga Pondok Pinang, Jakarta Selatan mengaku puas dengan pelayanan bakti sosial kesehatan yang digelar Relawan Prabowo Gibran, Rabu Biru Untuk Indonesia  di Ruko Pondok Pinang Center, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu siang (28/01/2024).

“Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan Rabu Biru bagus sekali untuk warga kurang mampu seperti kami,” tutur Ny. Maemunah, 60, warga Pondok Pinang RW 05 yang sehari-hari bekerja sebagai asisten rumah tangga usai menjalani pengobatan.

Warga lainnya, Ny. Sutiah, 66, juga merasa nyaman dan puas dengan pelayanan kesehatan Rabu Biru Untuk Indonesia karena tim medisnya sigap, cepat, ramah dan teliti dalam memeriksa pasien. Kepada tim medis, Ny. Sutiah mengaku kakinya sulit diangkat dan kaku. Setelah diperiksa, ternyata kadar asam uratnya tinggi. Wanita beranak tiga ini pun diberi obat dan vitamin secukupnya serta makanan bergizi.

Sementara itu, Ketua Umum Rabu Biru Untuk Indonesia, Henny Daeng Parani mengutarakan, pemeriksaan kesehatan masyarakat yang dilaksanakan di Pondok Pinang, Jaksel menyasar 150 warga, dimulai Pkl. 09:30 hingga 14:00 WIB.

Dia mengatakan, baksos kesehatan ini bisa terlaksana berkat kerja sama Rabu Biru dengan Wakil Bendahara  Tim Kampanye Nasional  (TKN Prabowo – Gibran), Iman Kusumo dan caleg DPR RI dari Partai Gerindra Dapil II nomor urut 1, Hj. Himmatul Aliyah, S.Sos, M.Si serta caleg DPRD DKI Dapil 7 nomor urut 1, Setyoko, ST.

Di tempat sama, Wakil Bendahara TKN Prabowo – Gibran, Iman Kusumo mengatakan, dirinya merasa senang bisa berkolaborasi dengan Rabu Biru membantu penguatan kesehatan warga. Ia memaparkan, kegiatan Rabu Biru yang fokus pada kesehatan, pendidikan dan lingkungan hidup mirip dengan kebiasaan capres Prabowo Subianto yang sering menyekolahkan siswa berprestasi di tingkat SLTA, S1, S2, atau S3.

“Sudah banyak warga negara kita yang disekolahkan Pak Prabowo, baik di luar negeri maupun dalam negeri,” ucap Iman yang juga menjabat wakil bendahara DPP Partai Gerindra. Ia mengatakan,  siswa berprestasi yang disekolahkan Prabowo dengan biaya dari kantong Ketua Umum Partai Gerindra itu kini sudah bekerja di berbagai bidang.

Merasa ‘tertular’ kebiasaan Prabowo yang kini menjabat menteri pertahanan, Iman Kusumo pun kerap menggelar sejumlah bakti sosial. Namun dari serangkaian kegiatan sosial itu, Iman merasa kerja sama dengan Rabu Biru inilah yang paling berkesan. Karena ia menilai, Relawan Rabu Biru Untuk Indonesia mau turun ke tengah masyarakat dengan totalitas, tanpa pamrih, ikhlas, sepenuh hati dan ramah.

Pelayanan bakti sosial kesehatan yang digelar Relawan Prabowo Gibran, Rabu Biru Untuk Indonesia  di Ruko Pondok Pinang Center, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu siang (28/01/2024). (Dok/SH.ID).

Iman mengatakan, berkat jiwa sosial tinggi yang dimiliki Prabowo dan kepemimpinannya, Partai Gerindra kini menjadi partai besar.

“Saya sejak awal ikut Pak Prabowo mulai tahun 2009, saat itu perolehan suara kita masih 5 persen. Lalu pada 2014 meningkat 10 persen, pada 2019 melesat jadi 16 persen. Dan kini, hasil survei mendudukkan kami di angka 21 persen,” katanya.

Pemeriksaan Kesehatan Lengkap

Pada baksos kesehatan ini setiap warga diperiksa kadar gula darah, asam urat, kolesterol dan diukur tekanan darahnya. Jika ada gangguan kesehatan, warga langsung diberi obat oleh tim medis. Seperti biasa, Rabu Biru Untuk Indonesia menerjunkan tiga dokter, 11 tenaga medis, lima asisten apoteker (peracik obat) dan 40 relawan untuk menyukseskan baksoskes ini.

Rabu Biru juga membawa dua unit mobil Rumah Sehat Keliling yang dilengkapi alat deteksi canggih ibu hamil, bernama TeleCTG. Alat ini mampu mendeteksi kesejahteraan janin bayi dari waktu ke waktu hingga ibu melahirkan.

Iman juga mengutarakan, pihaknya sudah sejak lama peduli terhadap stunting meski berjalan secara sektoral alias belum berskala nasional. Khusus bidang kesehatan, sambungnya, sesuai dengan misi Asta Cita keempat yang digaungkan pasangan Prabowo – Gibran, yakni memperkuat pembangunan SDM, sains, teknologi, pendidikan, dan kesehatan.

Termasuk memperkuat peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas. “Asta Cita (delapan misi) bertujuan untuk mewujudkan visi Prabowo-Gibran, yakni ‘Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045’,” ujar dia.

Harus Lebih Bagus dari Jokowi

Sementara itu, seorang warga RW 05 Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Risno, 74, mendukung pelaksanaan baksos kesehatan demi memuluskan langkah Prabowo – Gibran menuju kursi Presiden dan Wapres RI.

Pria tua ini juga meminta pasangan capres cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus lebih bagus kinerjanya dari pemerintah sekarang jika kelak terpilih sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2024 – 2029.

Menurut Risno, pemerintahan sekarang yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bagus kinerjanya. Untuk pemerintahan yang akan datang, ia berharap harus lebih bagus dari kinerja Jokowi.

“Apalagi Pak Prabowo sudah berpengalaman di pemerintah karena pernah jadi Menteri Pertahanan, pengalaman militer pun banyak. Jadi Prabowo sudah punya jiwa kepemimpinan dan harus lebih bagus dari Jokowi jika terpilih jadi presiden. Dan kinerja Gibran juga harus lebih bagus dari  ayahnya jika kelak terpilih jadi wakil presiden,” ucap ayah tiga anak ini usai menjalani pengobatan. (non)