23 July 2024

SinarHarapan.id-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengatakan Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk bekerja sama dengan negara-negara Afrika memajukan masing-masing negara secara ekonomi, sosial, dan budaya.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Africa Day 2024 di Hotel Borobudur Jakarta, Menpora Dito menjadi tamu kehormatan sekaligus mewakili pemerintah Indonesia dalam acara tersebut.

“Atas nama Indonesia, saya menyampaikan salam hangat kepada negara-negara Afrika pada Hari Afrika. Indonesia mengapresiasi Uni Afrika dan negara-negara Afrika atas kemajuan dalam menghadapi sebuah tantangan,” ujar Menpora Dito dalam siaran persnya yang diterima InfoPublik, Minggu (2/6/2024).

Komitmen tersebut, sambung Menpora Dito telah dibuktikan dengan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke kawasan Afrika pada tahun 2023. Adapun negara yang dikunjungi Kepala Negara saat itu adalah Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan.

“Indonesia berdedikasi untuk memperkuat kolaborasi dengan Afrika di tahun-tahun mendatang. Kemitraan dengan Afrika sangat penting dan semakin kuat setiap harinya, dan sangat penting bagi masa depan,” jelas Menpora Dito.

Indonesia dan Afrika juga memiliki hubungan historis yang panjang. Sebab Indonesia merupakan negara penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955.

Acara ini berlangsung meriah dan dilakukan pula pemotongan kue oleh Menpora Dito bersama Special Envoy of Seychelles Nico Barito, Dean of the Group of Africian Ambassadors accreditied to Indonesia Ouadia Benabdellah serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi makan malam. Tersedia berbagai menu beragam yang berasal dari beberapa negara seperti Nigeria, Somalia, Afrika Selatan, Tunisia, Mesir, Zimbabwe, Mesir, Libya, dan lainnya. Pengunjung tampak berkeliling mencicipi makanan khas Afrika itu sambil menikmati pertunjukan tarian.(isn/infopublik)