18 June 2024

StockReview.id – PT Hutama Karya (Persero) melakukan berbagai persiapan pelayanan di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dalam menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memastikan pelayanan yang optimal selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

“Mengingat trafik JTTS diprediksi akan meningkat sebanyak 49 persen jika dibandingkan trafik normal pada momen mudik ini ditambah beberapa ruas baru yang baru beroperasi dan dibuka secara fungsional, sehingga kami perlu memastikan betul kesiapan pelayanan baik dari sisi operasional, fasilitas, maupun kebijakan sehingga pemudik dapat dengan nyaman melintas di JTTS,”ujar Tjahjo dalam keterangannya yang diterima di Medan, Kamis.

Mengawali rangkaian layanan operasional arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2024, Hutama Karya menggelar Apel secara serentak di seluruh ruas tol dan untuk pelaksanaan terpusat dilaksanakan di Rest Area KM 118 Jalur A, Tol Indrapura – Kisaran.

Selain untuk memastikan kesiapan layanan operasional tol, dalam agenda apel tersebut dilakukan pengukuhan Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga Mudik Lebaran 2024, pengecekan kendaraan siaga diantaranya yakni kendaraan patroli, rescue, ambulans, derek dan 8launching panduan mudik bertajuk Trans Sumatera Ramadhan Guidebook 2024, serta dimulainya pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 di jalan tol Hutama Karya.

Pada momen Mudik Lebaran 2024, Hutama Karya akan mengoperasikan sebanyak 21 rest area yang terdiri dari 9 rest area permanent, 6 rest area sementara dan 6 rest area fungsional. Sejumlah strategi juga disiapkan oleh Hutama Karya untuk mencegah tejadinya kepadatan di gerbang tol.

“Kami menambahkan alat mobile reader dan top-up asongan di gerbang tol untuk mempercepat transaksi, serta menyiapkan skema holding di rest area maupun rekayasa lalu lintas apabil diperlukan,” kata dia. (end/ant)