21 June 2024

StockReview.id – American Anthracite SPV I LLC, anak usaha PT Bukit Makmur Mandiri utama menandatangani perjanjian pembelian saham ( stock purchase agreement /SPA) untuk mengakuisisi saham Atlantic carbon Group Inc pada tanggal 3 Juni 2024.

Indra Dammen Kanoena Direktur Buma Makmur dalam keterangan tertulisnya. menuturkan bahwa perjanjian ini dilakukan untuk mengakuisisi Atlantic Carbon Group Inc (ACG), produsen antrasit UHG terbesar kedua di Amerika Serikat senilai USD122,4 juta yang terdiri dari 100% saham Atlantic carbon Group Inc beserta seluruh perusahaannya dan 100% saham Wildcat carbon, 100% saham American carbon, 100% saham Newcastle Anthacite, 100% saham The Central Pennysylvania.

Lebih lanjut Indra memaparkan penyesaian transaksi ini tunduk pada pemenuhan syarat pendahuluan yang diatur dalam perjanjian termasuk kewajiban Perseroan untuk memperoleh pendapat kewajaran terlebih dahulu dari penilai independen dan merupakan transaksi material sesuai regulasi OJK dalam POJK 17 namun tidak memerlukan persetujuan pemegang saham pada Rapat umum pemegang saham Perseroan.

Kesepakatan senilai USD122,4 juta ini memastikan kepemilikan Grup atas empat tambang antrasit UHG yang berproduksi di Pennsylvania. Setelah akuisisi, Grup akan menjadi produsen utama antrasit UHG secara global. Transaksi ini semakin mendiversifikasi bisnis Grup secara geografis dan ke dalam komoditas masa depan, sejalan dengan strategi transformasinya.

Transaksi ini menarik secara finansial karena valuasi, leverage, dan dampak terhadap pendapatan yang menguntungkan, serta memperluas hubungan Grup dengan pelanggan dan pemangku kepentingan utama. Melalui transaksi ini, Grup mengambil alih kendali atas kegiatan operasional ACG. Antrasit UHG merupakan bahan penting untuk produksi komersial baja rendah karbon (LC Steel) dan dapat mengurangi emisi karbon dari proses produksi hingga 74%.

Indra menambahkan akuisisi ini tidak berdampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha BUMA. (