12 July 2024

SinarHarapan.id-Tahun 2023, Dana berhasil menorehkan beberapa catatan bisnis yang signifikan.

Selain itu DANA juga sukses dengan perluasan bisnis, mitra dan program baru.

DANA turut menyukseskan interkonektivitas sistem pembayaran antarnegara.

Memasuki tahun keenam melayani kebutuhan transaksi digital masyarakat sehari-hari, DANA mencatat jumlah penggunanya mencapai 170 juta atau meningkat 23 persen dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan positif ini tentu menunjukkan tingkat adopsi yang tinggi terhadap jasa pembayaran dan layanan keuangan digital oleh masyarakat, serta kepercayaan pengguna terhadap dompet digital DANA.

“Kami mencatatkan pertumbuhan transaksi QRIS yang signifikan pada tahun dari tahun 2022 ke 2023, yaitu mencapai 272 persen. Sedangkan, fitur Kirim Uang juga mengalami pertumbuhan sebesar 147 persen di tahun 2023. Angka-angka ini  menggambarkan terpenuhinya gaya hidup finansial para pengguna dari layanan yang DANA tawarkan”, jelas Adri Awwal, VP Product of DANA Indonesia.(30/1/2024)

Sebagai perusahaan teknologi yang mengedepankan Quality of Service (QoS) atau kualitas layanan, DANA juga senantiasa menjadi dompet digital yang relevan bagi para penggunanya.

Ivan Kusuma, Head of Investment and Insurance DANA Indonesia menjelaskan, “DANA memiliki dua layanan finansial spesifik untuk asuransi dan investasi. DANA Siaga untuk asuransi, DANA eMAS dan DANA Goals untuk investasi terus kami kembangkan demi memberikan produk asuransi dan investasi yang aman dan mudah dimiliki pengguna. Hasilnya, pertumbuhan positif juga dirasakan pada layanan keuangan digital DANA, seperti DANA Siaga yang melonjak hingga sembilan kali lipat.”

Selama 2023, DANA juga sukses menjalani berbagai program yang berfokus mendorong inklusi keuangan dan pemberdayaan berbagai komunitas di seluruh kalangan, seperti anak muda, perempuan, hingga penyandang disabilitas. Salah satunya adalah program SisBerdaya yang melibatkan lebih dari 2.400 wirausaha perempuan dari berbagai daerah di Indonesia, dan berkesempatan untuk megembangkan bisnisnya melalui program mentoring dan pendampingan SisBerdaya.

Mega Indah Septian, Owner Demero F&B Pemenang Sisberdaya, mengungkapkan, “Manfaat yang dirasakan pun begitu signifikan, bisnis rumahan saya, Demero, mengalami peningkatan signifikan setelah menggunakan fasilitas layanan digital yang dikembangkan oleh DANA. Mulai dari pencatatan keuangan, pengeluaran, hingga kemudahan transaksi QRIS melalui DANA Bisnis dapat saya manfaatkan sebaik mungkin untuk mendorong hasil positif bagi bisnis yang saya jalani.”

Di tahun 2023, DANA juga menorehkan sejarahnya sebagai dompet digital pertama yang menjadi peserta peluncuran implementasikan perdana QR Cross Border di tiga negara berturut-turut, yaitu Thailand, Malaysia, Singapura.

Implementasi QR Cross Border ini menjadi wujud kontribusi DANA dalam meningkatkan inklusi keuangan sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 dari Bank Indonesia, serta menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi digital di ASEAN.

“Tingkat keamanan selalu menjadi prioritas DANA, menyadari bahwa tingkat keamanan aplikasi harus menjadi fokus kami sebagai penyedia layanan teknologi finansial,” tutup Adri.