18 June 2024

StockReview.id – Operasi Pasar atau Pasar Murah menjelang Idulfitri 1445 Hijriah mulai digelar. Sebagai pembuka, Kantor Camat Pontianak Tenggara, Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi lokasi perdana dimulainya pasar murah, Sabtu (23/3/2024).

Pasar murah itu digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalbar, Perum Bulog Divre Kalbar, Bank Kalbar, Perumda BPR Khatulistiwa Pontianak dan sejumlah perusahaan swasta.

Berbagai macam komoditi yang dijual dengan harga terjangkau, mulai dari beras, gula, minyak goreng, telur, ayam, sayur-sayuran dan kebutuhan pokok lainnya. Sejumlah komoditi dijual dalam bentuk paket dengan harga bervariasi sesuai dengan isi paket.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian meninjau langsung pasar murah yang digelar di halaman Kantor Camat Pontianak Tenggara. Warga antusias berbelanja berbagai bahan kebutuhan pokok menjelang Idulfitri.

“Operasi pasar atau pasar murah ini skalanya lebih besar dari sebelumnya dengan melibatkan banyak pihak termasuk swasta sehingga masyarakat banyak pilihan untuk membeli kebutuhannya menjelang lebaran,” ujarnya.

Untuk mekanisme pembelian komoditi yang ada di bazar ini, masyarakat hanya cukup mendatangi lokasi pasar murah dan memilih barang keperluan yang ingin dibeli.

“Silakan masyarakat mendatangi lokasi-lokasi pasar murah sesuai dengan jadwal yang ditentukan, tanpa memakai kupon,” ungkapnya.

Melihat antusias masyarakat yang berbelanja di pasar murah, Ani berharap masyarakat akan merasa terbantu dalam memenuhi kebutuhan mereka selama bulan Ramadan hingga menjelang lebaran. Apalagi komoditi yang dijual dalam bazar ini harganya relatif lebih murah dari harga pasaran. Ia berharap, melalui operasi pasar murah ini harga komoditas kebutuhan pokok ikut turun.

“Kita berharap dengan digelarnya pasar murah ini, inflasi bisa lebih terkendali,” ucapnya.

Sebagai informasi, Operasi Pasar itu dilaksanakan secara bergilir di enam kecamatan. Tanggal 23 Maret di Kantor Camat Pontianak Tenggara, 24 Maret di Kantor Camat Pontianak Utara, 25 Maret di Kantor Camat Pontianak Selatan, 26 Maret di Kantor Camat Pontianak Barat, 27 Maret Kantor Camat Pontianak Kota dan 5 April di Kantor Camat Pontianak Timur. Pasar murah digelar mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB.