21 June 2024

BALI (SinarHarapan.id) – Kementerian sosial tak hanya menangani orang miskin tetapi juga kaum disabilitas. Di balik kekurangan yang kerap kali dicemooh lingkungan sekitar, pekerja disabilitas sebenarnya memiliki kelebihan yang bisa menghasilkan produk berkualitas, tak kalah dengan produk yang dihasilkan masyarakat pekerja secara umum.

Karena itu, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini meminta kepada pelaku usaha membuka peluang kerja untuk kaum disabilitas. “Ketakutan kami, kementerian tidak bisa membantu maksimal kaum disabilitas, dan mereka tidak boleh bergantung kepada orang tua yang kelak bisa meninggalkan mereka,” ucap Tri Rismaharini saat bertemu dengan Pemilik Krisna Oleh-Oleh Bali, Gusti Ngurah Anom atau dikenal Ajik Krisna Selasa (26/3). Lapangan kerja ini bisa membantu mereka terlepas dari kemiskinan termasuk melawan cemoohan orang terkait kekurangan mereka.

“Tidak ada orang yang sempurna, semua orang memiliki kekurangan termasuk kaum disabilitas tidak boleh direndahkan karena mereka juga diciptakan Tuhan dengan memiliki kelebihan,” jelasnya.

Menyikapi harapan Menteri Sosial RI, Gusti Ngurah Anom menyampaikan pada 2025-2026 akan membangun pabrik yang bisa mempekerjakan 100 persen kaum disabilitas.

“Dengan support  Kementerian Sosial RI, dan Kementerian Tenaga Kerja, pabrik tersebut akan terwujud, bahkan di departemen lain kami juga akan mempekerjakan lebih banyak kaum disabilitas yang memiliki karakter pekerja keras dan ulet,” jelasnya.