18 June 2024

SinarHarapan.id-Memasuki tahun ketiga, PERIKLINDO (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia) kembali bekerja sama dengan Dyandra Promosindo menggelar PEVS yang disebut sebagai pameran kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara.

Ketua Umum PERIKLINDO, Moeldoko mengatakan, pameran PEVS tahun ini diharapkan bukan hanya ajang seremonial semata, melainkan bisa menjadi pelopor untuk membangun kesadaran masyarakat tentang manfaat kendaraan listrik. Atas dasar itu, PEVS 2024 mengusung tema “The Leading EV Show in Indonesia” yang diselenggarakan pada area seluas 49.499 m2 dan diikuti oleh berbagai merek mobil dan motor listrik, serta perusahaan produsen pendukung otomotif listrik ternama dari dalam dan luar negeri.

“Kita pastikan bahwa PERIKLINDO EV Show adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Kita perlu bangga, belum ada negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang bisa menyelenggarakan seperti yang PERIKLINDO selenggarakan,” ujar Moeldoko di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada Selasa (30/4/2024).

Lewat pameran kendaraan listrik (PEVS) 2024 ini, PERIKLINDO bersama Dyandra ingin memberikan bukti konkrit dukungan kepada kebijakan pemerintah dalam membangun ekosistem kendaraan listrik yang berkelanjutan. Adapun pemerintah sendiri saat ini sedang gencar untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB).

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam upaya mensosialisasikan keputusan Presiden nomor 79 sebagai revisi dari keputusan Presiden nomor 55 dalam pengembangan EV Indonesia,” imbuh Moeldoko.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung mengatakan, PEVS 2024 merupakan bukti nyata dari komitmen dalam menyelenggarakan acara yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Harapanya, PEVS bisa menginspirasi banyak orang untuk beralih ke kendaraan listrik.

“Kami berharap penyelenggaraan PEVS 2024 ini dapat memberikan nilai positif dan dampak yang luas, baik kepada masyarakat maupun industri yang terlibat didalamnya,” jelas Daswar Marpaung.

Member of The Board of Management, Messe Frankfurt Group, Stephan Buurma menyambut baik penyelenggaraan PEVS 2024 yang merupakan kolaborasi dengan Asiabike Jakarta (ABJ). Bagi ABJ, ini merupakan kali pertama menyelenggarakan pameran sepeda listrik di Indonesia sebagai pasar baru yang menjanjikan.

Menurut Stephan, kolaborasi ini memungkinkan untuk mempertemukan berbagai peserta dari berbagai belahan dunia, termasuk Tiongkok dan Indonesia, ke Asiabike Jakarta. Dalam gambaran yang lebih besar, pameran ini akan meningkatkan investasi asing dan pendapatan pajak Indonesia, serta memfasilitasi pengembangan perdagangan dan menciptakan peluang bisnis baru di negara ini.

“Komitmen Indonesia yang semakin besar menjadikan Asiabike Jakarta tempat yang tepat untuk menyoroti inovasi dalam mobilitas ramah lingkungan. Hal ini menjadi sebuah konsep yang sangat selaras dengan upaya keberlanjutan Messe Frankfurt di panggung global,” kata Stephan Buurma.

Sementara itu, Project Manager PEVS 2024, Rudi MF mengatakan, “PEVS hadir demi memberikan dorongan untuk menggunakan kendaraan listrik. Atas dasar itu, berbagai program menarik dihadirkan agar seluruh elemen masyarakat lebih mudah memahami manfaat penggunaan kendaraan listrik.

Maka, berbagai acara menarik seperti Motorcycle Fun Run, Formula Student Show Off, PEVS Parade & Catwalk, Miss PEVS, PEVS Push Bike Race, EVolution Seminar, EV Riding, EV Morning Run, Electric Board & Scooter, drone show race, EV Fire Extinguish, dan yang terbaru adalah Buyers Evening Gathering akan menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung dan semua peserta.

Selain itu, 116 merek yang terdiri dari produsen mobil, sepeda motor, dan industri pendukung kendaraan listrik. Di antara merek-merek tersebut, untuk kendaraan roda empat, terdapat BYD, Chery, Seres, Mobil Anak Bangsa (MAB), Neta, MG, Wuling, BMW, hingga Prestige Image Motorcars. Sedangkan untuk sepeda motor, terdapat Kymco, iONEX, Rakata, Selis, VMOVE, Gesits, Volta, Greentech, Keeway, Astra Honda Motor (AHM), hingga ZPT. Produsen pendukung yang turut serta dalam acara ini meliputi Astra Otoparts, PT Dubbs Energi Teknologi, Exicom, EVI, Gotion High-Tech, Hardy Motor, Hex Up, Naxeon, Powerindo, Power Electronics, SSKTama, Starvo, TL Power, Bluebird, serta Wallbox.(isn)