23 July 2024

StockReview.id – PT Jalin Pembayaran Nusantara (‘’Jalin’’), bagian dari holding BUMN Danareksa, menjalin kerja sama strategis dengan PT AirPay International Indonesia (‘’ShopeePay’’) untuk pemanfaatan teknologi pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (‘’QRIS’’) dalam jaringan ‘’Link’’.

Penandatanganan kerja sama yang digelar pada Jumat (22/03) ini dilakukan oleh Direktur Commercial Jalin, Eko Dedi Rukminto dan Head of Business and Partnership ShopeePay Indonesia, Eka Nilam Dari sekaligus mempertegas posisi ShopeePay dalam penggunaan infrastruktur yang dikelola oleh Jalin agar dapat terkoneksi dengan lebih dari 48 member yang dikelola Jalin dari sektor perbankan dan fintech.

Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukIndonesia, ShopeePay, sebagai penyedia layanan pembayaran digital, bertekad untuk terus memperluas akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta konsumen di seluruh Indonesia.

Saat ini, sektor UMKM menjadi motor penggerak utama dalam perekonomian Indonesia, dengan lebih dari 65 juta UMKM yang menyumbang 61 persen dari Produk Domestik Bruto (‘’PDB’’) nasional dan menyerap 97% dari angkatan kerja.

Head of Business and Partnership ShopeePay Indonesia, Eka Nilam Dari, mengatakan “Kami optimis untuk menggandeng Jalin dalam menyediakan akses layanan pembayaran digital yang lebih inklusif.

Hadirnya aplikasi baru ShopeePay yang memiliki performa cepat dan ukuran ringan juga semakin mempermudah pengguna untuk melakukan transaksi QRIS di berbagai wilayah di Indonesia dan transfer gratis ke bank mana pun.

Kolaborasi ini juga memungkinkan kami untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan pelaku bisnis UMKM dalam menghadirkan pengalaman pembayaran yang lebih aman dan efisien, sejalan dengan komitmen kami untuk melayani yang belum terlayani dengan baik, melalui teknologi kami.”

Direktur Commercial Jalin, Eko Dedi Rukminto menyatakan komitmennya untuk menyediakan dukungan terintegrasi kepada ShopeePay dalam penyediaan infrastruktur sistem pembayaran digital yang cermat dan andal. “Upaya ShopeePay dalam mendukung perkembangan ekonomi digital membutuhkan dukungan optimal dari infrastruktur pembayaran yang aman dan efisien, sejalan dengan standar mutu yang telah diimplementasikan oleh Jalin saat ini,” ujar Eko.

Kerja sama strategis antara Jalin Pembayaran Nusantara dan ShopeePay ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan aksesibilitas teknologi pembayaran digital dan mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia.