21 June 2024

StockReview.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menyiapkan alternatif jalur fungsional dan akses jalan tol, yakni Jalan Tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulonprogo (Jogja – Solo) dan Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan.

Corporate Communication & Community Development Group Head JSMR, Lisye Octaviana mengatakan untuk jalan tol Jogja – Solo pada periode Lebaran 2024 terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu sampai dengan Ngawen sepanjang 22,3 km.

“Jalur fungsional ini akan tersambung ke jalan provinsi Jatinom – Boyolali kemudian ke Jalan nasional Yogya – Solo. Jalur Fungsional ini akan beroperasi pada 16.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB,” paparnya dalam konferensi pers yang berlangsung di Plaza Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Pada periode arus mudik (5 April sampai 11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024), dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus.

Sementara itu, jalur fungsional Japek II Selatan, akan beroperasi dari SS Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 km yang dioperasikan secara situasional sesuai dengan diskresi Kepolisian untuk mendukung distribusi lalu lintas pada arus balik dari Bandung dan sekitarnya, menuju Jabotabek melalui Jakarta – Cikampek.

“Jasa Marga juga akan mengoperasikan fungsional tambahan 1 lajur (2 lajur menjadi 3 lajur) di jalan tol Palikanci KM 208+150 sampai dengan KM 210+190 (sepanjang 2,04KM) serta mengoperasikan fungsional akses tol KM 99 jalan tol Cipularang baik arah Jakarta maupun Bandung,” tandasny