21 June 2024

SinarHarapan.id – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menunjukan performa pengusaan pangsa pasar kendaraan komersial sebesar 27,7 persen selama tahun 2023. Melalui pencapaian tersebut, manajemen menyebut we break the record, karena di saat kondisi pasar lesu, justru produk Isuzu ini berhasil menarik perhatian konsumen di Tanah Air sehingga penjualan meningkat.

Yusak Kristian Solaeman, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia mengungkapkan, Isuzu bisa melewati tahun 2023 dan menorehkan pencapaian yang baik dengan memegang teguh prinsip cautious optimism. IAMI berhasil memaksimalkan sumber daya dan memanfaatkan peluang-peluang usaha di tahun 2023, sehingga pangsa pasar di segmen kendaraan niaga bisa meningkat sebesar 1,3 persen.

“Seluruh capain IAMI selama ini akan menjadi sebuah checkpoint 50 tahun Isuzu Indonesia yang akan terus melaju beyond next level,” ungkapnya.

Penjualan ritel Isuzu pada 2023 mencapai 30.085 unit kendaraan, atau setara dengan 27,7 persen total market kendaraan niaga di Indonesia. Isuzu Elf menempati urutan pertama sebagai produk terlaris dengan penjualan 14 ribu unit dan disusul oleh Isuzu Traga yang terjual lebih dari 11 ribu unit. Namun, secara persentase, kenaikan yang pesat justru didapat oleh Isuzu Giga dari sektor komersial, meningkat 34,5 persen dan Isuzu Mu-X dari sektor light commercial yang melonjak 94,7 persen

Secara market share, Isuzu Giga tumbuh 4 persen mencapai 17 persen. Prestasi positif yang diraih pada 2023 juga menambah deretan performa IAMI selama empat tahun berturut-turut, di mana perusahaan bisa meningkatkan pangsa pasar 4 persen. Sedangkan untuk suku cadang mengalami kenaikan 19,8 persen dan ini menjadi capaian terbaru Isuzu di Indonesia.

Hampir selama 50 tahun hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia– sejak tahun 1974 – IAMI selalu menyediakan kendaraan sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan harga kompetitif, biaya yang efisien. “Salah satunya adalah Isuzu Panther yang dikenal sejak puluhan tahun lalu yang diusulkan oleh pendiri Astra William Soerjadjaja (alm),” kata Rian Erlangga, Deputy General Manager Marketing IAMI.

Isuzu juga sudah melayani jutaan konsumen dari Sabang sampai Merauke dan mendukung kemajuan perekonomian, bisnis, dan perdagangan melalui inovasi yang terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, Isuzu kini hadir dengan tiga produk andalannya yakni Isuzu Elf, Isuzu Traga, dan Isuzu Giga.

Seluruh kendaraan yang ditawarkan oleh IAMI juga didukung layanan purnajual melalui penyediaan kendaraan servis dan penyediaan produk suku cadang yang lengkap, mudah dan cepat. Isuzu pun sangat mengapresiasi para konsumen yang telah menjadikan Isuzu sebagai real partner real journey.

Yusak menambahkan, IAMI juga akan meningkatkan bisnisnya dengan memperluas lingkup usahanya serta menggaet lebih banyak konsumen di tahun 2024. “Langkah-langkah kongkrit yang akan diambil meliputi peningkatan portofolio produk dan penyempurnaan layanan purna jual, memaksimalkan pabrik Isuzu di Karawang, memperbesar ekosistem dan stakeholder, sampai memperkuat pilar-pilar bisnis PT IAMI,” tuturnya.

Pada 2024, IAMI menargetkan untuk menjual lebih dari 30 ribu unit kendaraan niaga dengan berbagai model atau diperkirakan setara kontribusinya terhadap lebih 30 persen pangsa pasar kendaraan niaga serta meningkatkan pertumbuhan bisnis sparepart hingga 11,3 persen. Selain itu, Isuzu berencana untuk melakukan pengembangan utilitas pabrik menjadi 75 persen untuk memenuhi permintaan pasar. (rht)