21 June 2024

SinarHarapan.id-Rencana Kerja Digital ASEAN dengan International Telecommunication Union (ITU) 2024 dan Area Kerja Sama Prioritas ASEAN – ITU 2024 – 2026, didukung Pemerintah Republik Indonesia sebagai upaya menjadikan konektivitas digital di negara-negara ASEAN lebih merata.

“Dukungan ITU yang tak ternilai memainkan peran penting dalam memberikan manfaat konektivitas internet ke seluruh pelosok dunia. Saat ini, sekitar 517,2 juta orang Asia Tenggara atau 75,6 persen populasi Asia Tenggara terhubung dengan internet. Jadi ada 166,7 juta atau 24,4 persen dari kita masih belum terhubung,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Kominfo), Mira Tayyiba, dalam keterangannya terkait The 4th ADGMIN Meeting with Dialogue and Development Partners dalam rangkaian acara 4th ASEAN Digital Minister Meeting 2024 di Shangri-La Hotel, Singapura, seperti dikutip pada Senin (5/2/2024).

Menurut Sekjen Mira, upaya menghadirkan konektivitas ke daerah paling terpencil dan komunitas pedesaan memerlukan dedikasi yang kuat.

Untuk itu, Indonesia telah bekerja sama dengan ITU dalam melaksanakan inisiatif Desa Cerdas dan Pulau Cerdas atau Smart Village and Smart Island (SVSI).

“Sebagai sarana untuk memberikan konektivitas dan layanan digital kepada komunitas yang belum terhubung dan kurang terlayani,” jelasnya.

Dia berpendapat. pemerataan konektivitas digital menjadi kunci dalam transformasi masyarakat pedesaan dan pesisir, meningkatkan penghidupan, dan kesejahteraan dengan menghubungkan ke berbagai layanan yang dimungkinkan secara digital.

“Inisiatif SVSI sejalan dengan tujuan Masterplan Digital ASEAN 2025 untuk menjembatani kesenjangan digital dan mendorong inklusi digital,” tutur Mira Tayyiba..

Sekjen Mirra mengapresiasi ITU karena telah menjadi mitra ASEAN yang luar biasa selama ini dalam mengembangkan akses dan konektivitas telekomunikasi.

“Kami berharap kolaborasi kita akan terus berkembang, dan bersama-sama, kita akan membangun dan menumbuhkan ekosistem digital yang inklusif dan tepercaya di seluruh ASEAN,” pungkas Sekjen Kominfo.

Dalam Pertemuan Ketiga Menteri Digital ASEAN dengan ITU, Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba didampingi Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN Kementerian Luar Negeri Adhyanti Wirajuda dan Kepala Pusat Kerja Sama Internasional Setjen Kementerian Kominfo Ichwan Makmur Nasution.(isn/infopublik)