21 June 2024

SinarHarapan.id – Ganara Art pada akhir pekan kembali menggelar talkshow yang mengangkat tema sustainability dan wellness. Tema ini diangkat sebagai upaya untuk menciptakan produk yang tidak hanya mendukung kesehatan dan kesejahteraan individu, tetapi juga memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat. Ini melibatkan penggunaan bahan ramah lingkungan, proses produksi yang bertanggung jawab, serta promosi gaya hidup yang seimbang.

Seminar ini diselenggarakan di Ganara Art, Plaza Indonesia, pada 3 Februari 2024, dengan menghadirkan tiga narasumber dari berbagai latar belakang, yaitu Yadnya Seni selaku Founder/Architect of Style  “Seratus Kapas”, Deputy Head of Product Innovation “Earth Love Life” Yessica Megistriani, dan Founder “Lyfe With Less” Cynthia S Lestari.

Walaupun mempunyai latar belakang dari tiga industri yang berbeda, ketiga pembicara setuju bahwa sustainability bisa dilakukan dan dicapai dari diri sendiri dan dimulai dengan langkah kecil.

Yadnya Seni selaku Founder/Architect of Style “Seratus Kapas” mengatakan bahwa untuk menciptakan produk yang sustainable atau berkelanjutan, perusahaan juga perlu mempunyai lingkungan yang sustainable bagi para pekerjanya.

Berkomitmen untuk menciptakan pakaian dari bahan linen asli, kini Seratus Kapas sedang mempersipkan peluncuran lini denim terbaru mereka dengan tajuk “REVIVE” yang mengusung konsep upcycling di mana seluruh koleksi “REVIVE” adalah eksklusif karena setiap desainnya hanya dimiliki oleh satu produk.

Sementara itu, Yessica Megistriani, Deputy Head of Product Innovation “Earth Love Life”, menyebutkan bahwa selain memperhatikan isu sustainability dengan memperhatikan dampak terhadap lingkungan, Earth Love Life juga melakukan “ethical sourcing” yang bertujuan untuk membantu para petani mempunyai hidup yang lebih baik.

Selain itu, Earth Love Life juga mempunyai filosofi “earth loves my soul” yang sudah melewati riset dan penelitan di mana kondisi mental seseorang dapat dipengaruhi dari wangi yang dicium.

Lyfe With Less yang juga menyelenggarakan program #SalingSilangFREEMARKET di acara Ganara Road to Plaza Indonesia Fashion Week 2024, melalui Founder-nya, Cynthia S Lestari, mengatakan bahwa gerakan mereka lahir dari kebiasaan pribadi Cynthia di second account media sosialnya.

Melihat antusiasme orang-orang di sekitarnya, kini Lyfe With Less sudah memiliki komunitas besar yang sama-sama peduli tentang sustainability barang sehari-hari, terutama pada produk sandang.

Acara Ganara Road to Plaza Indonesia Fashion Week 2024 ini sudah digelar dari tanggal 30 Januari hingga 4 Februari 2024. Sebagai platform yang mengusung “seni untuk perubahan”, Ganara Art berkolaborasi bersama Plaza Indonesia, So Soft dan Lyfe with Less menyajikan serangkaian agenda yang diharapkan dapat menjadi medium untuk melihat fesyen lebih dari sekadar ikon visual, namun bagaimana fesyen, serta pelaku industrinya dapat mengambil peran dalam mendukung dan mengejawantahkan prinsip wellness dan sustainability.

“Ganara Road to Plaza Indonesia Fashion Week 2024 adalah kolaborasi awal tahun yang diusung oleh Ganara dan Plaza Indonesia dalam memulai perjalanan bersama di 2024. Menyatukan keindahan yang sinergis antara fesyen dan seni, serta mendorong penikmat untuk melihat sisi sustainability serta wellness melalui berbagai aplikasi,” ungkap Tita Djumaryo, Founder dan CEO Ganara Art.

 Acara Ganara Road to Plaza Indonesia Fashion Week 2024 ini turut didukung oleh SoSoft sebagai sebuah brand detergen yang mengusung kebaikan tumbuhan. Ini karena Sosoft mempunyai formula Botaniblend, kombinasi bahan aktif tumbuhan hingga 90%, yang membuat pakaian menjadi bersih dan wangi, serta lembut di tangan.

Kehadiran Sosoft dalam acara ini menunjukkan komitmen SoSoft dalam mendukung wellness living, salah satunya melalui medium fesyen. Booth SoSoft hadir di Ganara Art Plaza Indonesia dengan menghadirkan manfaat tumbuhan melalui aktivitas menarik, yaitu DIY Mini Plant dan pembuktian kebaikan tumbuhan untuk pakaian dan tangan.

Melalui serangkaian agenda yang diselenggarakan, diharapkan pengunjung terlibat langsung dalam penerapan nilai sustainability. Pengalaman pengunjung akan lebih lengkap selama berada di Ganara Art Plaza Indonesia dengan hadirnya instalasi seni dengan tema “Texture Parade” yang menampilkan keanggunan fashion dalam ragam perpaduan tekstur kain.