12 July 2024

SinarHarapan.id – Komedian Cak Lontong dan pegiat media sosial Mazdjo Pray siap hadir untuk memeriahkan puncak kampanye akbar Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024, yang akan digelar di Harbour Causeway Bay, Hong Kong, Minggu (4/2/2024).

Tidak kurang dari 1.500 warga masyarakat Indonesia dari berbagai elemen telah menyatakan antusiasmenya untuk hadir dalam kegiatan yang dikoordinir oleh Tim Pemenangan Luar Negeri (TPLN) Ganjar-Mahfud Hong Kong dan Makau, yang berkolaborasi dengan relawan SIGAP (Simpatisan Ganjar Pranowo).

”Kampanye akbar merupakan puncak dari kegiatan kampanye kami, karena pekan kedua Februari sudah memasuki hari tenang. Di Hong Kong, pemungutan suara di TPS diagendakan berlangsung Selasa, 13 Februari 2024, di luar yang memilih melalui pos,” kata Ketua Tim Sukses dan Ketua TPLN Ganjar-Mahfud Hong Kong – Makau Michael Cheng, dalam rilis kepada awak media, Kamis (1/2).

Menurut Michael, inti dari kegiatan kampanye akbar ini adalah memperkuat dukungan masyarakat Indonesia di Hong Kong sekaligus mengajak mereka untuk menggunakan hak suara mendukung dan mencoblos paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud pada pemilu nanti.

 

Terbuka untuk Masyarakat Indonesia

Selain diikuti pekerja migran Indonesia (PMI), kegiatan ini terbuka bagi warga masyarakat Indonesia lainnya untuk bergabung. Termasuk dari kalangan mahasiswa dan diaspora Indonesia. Secara keseluruhan, jumlah nama yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Hong Kong mencapai 164 ribu orang.

”Karena ini merupakan kampanye terakhir sebelum hari-H pemungutan suara, kegiatan kami fokuskan ke dua hal. Yakni, uji coba pemungutan suara (pencoblosan) dan sosialisasi pelatihan saksi di TPS yang digelar PPLN Hong Kong,” ujar Michael.

Hajatan kampanye akbar itu sendiri sengaja dikemas leisure dengan mengedepankan kreativitas. Memadukan unsur politik dengan agama, olahraga, dan kebudayaan. Mulai dari tari-tarian nasional Indonesia, shalawat akbar, flashmob, hingga obrolan politik.

”Cak Lontong dan Mazdjo Pray sengaja kita undang untuk ’ngompol’ alias ngomong politik di Hong Kong. Tentu dengan gaya khas Cak Lontong yang kocak, mikiiir, tapi menghibur,” urai Michael.

Selain mengedukasi masyarakat untuk memilih presiden dan wakil presiden dengan cerdas, lanjut Michael, lewat kegiatan ini juga akan digelorakan jargon yang populer di Hong Kong, yakni: ”Orang Benar Pilih Ganjar”.

Konten isu lain yang juga akan digaungkan dari Hong Kong ke seluruh dunia, yakni fakta bahwa Ganjar Pranowo adalah Presiden dari Rakyat dan untuk Rakyat. Juga, ajakan untuk mewaspadai kecurangan pemilu yang sangat potensial terjadi – termasuk di daerah pemilihan luar negeri.

”Nanti, pada saat membacakan deklarasi pemenangan Ganjar-Mahfud, kami berharap dapat disaksikan secara langsung oleh Capres Ganjar Pranowo melalui video call atau secara online. Teknisnya sedang kami atur,” cetus Michael.

 

Diikuti Belasan Organisasi

Michael Cheng menambahkan, puncak kampanye akbar akan diikuti oleh belasan organisasi relawan. Di antaranya Pospera, Ganjaris Hong Kong, LA NKRI, Rumah Pancasila, Ganesha, Bara Baja, Srikandi, Antar-SPGP, DAG, EMJI, Kasmaran Ganjar, Ganjarian HK, dan organisasi lainnya.

Michael Cheng optimistis, perolehan suara pasangan Ganjar-Mahfud di Hong Kong akan mencapai lebih dari 83 persen. Keyakinan itu didasari oleh semangat dan kerja keras seluruh relawan Ganjar-Mahfud Hong Kong yang gencar terjun ke lapangan, bertemu dengan berbagai kelompok masyarakat.

Kata Michael, mereka sigap menyosialisasikan, memperkenalkan capaian dan rekam jejak Ganjar-Mahfud sebagai paslon yang memiliki visi misi jelas untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia.

”Izinkan kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh relawan Ganjar-Mahfud yang telah bekerja keras. Juga, terima kasih kepada masyarakat Indonesia di Hong Kong yang telah menggunakan hak suara memilih Ganjar-Mahfud melalui pos. Kami yakin, kita pun akan memenangkan perolehan suara di TPS-TPS,” ujar Michael.

Menurut Michael, pada Juli dan Oktober 2023, sejumlah WNI dari berbagai profesi di Hong Kong sudah menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo – yang waktu itu belum berpasangan dengan Mahfud MD. Mereka mayoritas berasal dari kalangan pekerja migran, kelompok seni dan budaya serta mahasiswa.

Ganjar memang favorit di kalangan masyarakat Indonesia di Hong Kong. Sosok pria berambut putih itu diyakini memiliki komitmen untuk melanjutkan program-program yang baik dari Presiden Joko Widodo, namun juga siap melakukan koreksi terhadap program maupun kebijakan yang belum maksimal.

”Ganjar adalah calon presiden ideal yang memenuhi kriteria masyarakat Indonesia. Selain memiliki rekam jejak yang baik, punya banyak program unggulan di berbagai sektor, juga tidak memiliki masalah terkait pelanggaran HAM di masa lalu,” pungkas Michael Cheng, dalam rilisnya.