23 July 2024

Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Rahmat Samulo menerima penghargaan dalam ajang Bina Mitra UMKM Award 2024 yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD) Foundation di Aula Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta (29/06). Astra melalui YDBA meraih penghargaan The Most Commited dalam Pembinaan UMKM di Indonesia berkat kontribusi dan peran aktif dalam mengembangkan UMKM binaannya. Dalam ajang tersebut, 3 UMKM binaan Astra melalui YDBA juga turut mendapatkan penghargaan platinum kategori UMKM di bidang produksi dan jasa, ketiganya adalah PT Bimuda Karya Teknik, Bengkel Anugerah Prima Motor dan PT Lubna Food Indonesia. Foto: SRID/Dok.

StockReview.id – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) meraih penghargaan The Most Commited dalam Pembinaan UMKM di Indonesia dalam ajang Bina Mitra UMKM Award 2024 yang digelar Corporate Forum for CSR Development (CFCD) Foundation di Aula Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta. Penghargaan tersebut diraih oleh YDBA berkat kontribusi dan peran aktif dalam mengembangkan UMKM binaannya.

Dalam ajang ini, YDBA juga mendapatkan penghargaan Platinum untuk kategori Pembina UMKM, diikuti 3 UMKM binaannya yang juga meraih penghargaan Platinum untuk kategori UMKM di bidang produksi & jasa.

Dalam kompetisi tersebut, YDBA berbagi pengalaman dalam menjalankan pembinaan dan impact-nya bagi UMKM di Indonesia, khususnya di sektor manufaktur, pertanian dan kuliner. Dalam kompetisi ini YDBA turut mengikutsertakan 3 UMKM binaannya, antara lain PT Bimuda Karya Teknik, Bengkel Anugerah Prima Motor dan PT Lubna Food Indonesia yang menyampaikan gambaran bisnis dan improvement-nya dalam mengembangkan usahanya masing-masing.

PT Bimuda Karya Teknik merupakan UMKM Manufaktur binaan YDBA asal Tegal yang aktif dan berhasil menjadi bagian dari rantai pasok industri besar. Berkat konsistensi dan komitmennya dalam menjalankan pembinaan, serta semangatnya untuk menjadikan improvement sebagai budaya kerja, UMKM yang didirikan oleh Tri Sukamto ini berhasil mendapat penghargaan Platinum di ajang kompetisi Bina Mitra UMKM Award 2024.

Bengkel Anugerah Prima Motor adalah salah satu bengkel roda 4 binaan YDBA yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah. Bengkel yang berdiri sejak 2001 ini berhasil menerapkan standar yang ada dalam bengkel resmi pada umumnya. Improvement-nya dalam meningkatkan kualitas dan inovasi produksi, menjadikan bengkel tersebut mendapatkan penghargaan Platinum dalam ajang kompetisi yang digelar CFCD Foundation.

PT Lubna Food Indonesia merupakan salah satu UMKM sektor kuliner binaan PT Pamapersada Nusantara (Pama) bersama YDBA yang berlokasi di Sangatta, Kalimantan Timur. Usaha yang berdiri pada 2012 ini terus melakukan pengembangan usaha dengan berbagai produknya, mulai dari pastry, bakery, dessert, jajanan pasar hingga berbagai varian cookies yang banyak diminati para pelanggannya. Tren peningkatan pendapatan Lubna dan penurunan rijek sebagai hasil dari improvement dalam bisnisnya, menjadikan Lubna sebagai salah satu UMKM yang mendapat penghargaan Platinum dari ajang kompetisi Bina Mitra UMKM Award 2024.

Ketua Pengurus YDBA, Rahmat Samulo yang hadir menerima penghargaan dalam ajang ini menyampaikan, bahwa apresiasi yang diberikan kepada Astra melalui YDBA maupun 3 UMKM binaannya diharapkan dapat menjadi motivasi dan mendorong UMKM lain untuk terus melakukan improvement-nya secara konsisten.