24 July 2024

StockReview.id – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dijadwalkan meresmikan Bendungan Cipanas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar) dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Jabar pada Selasa (9/7).

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Khusus (Stafsus) Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi lewat pesan singkatnya kepada wartawan di Jakarta, Senin.

“Benar, Selasa besok Wapres meresmikan Bendungan Cipanas dan Tol Cimanggis-Cibitung,” ucap Masduki.

Masduki sekaligus menanggapi perihal alasan Wapres meresmikan proyek infrastruktur yang biasanya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi telah memiliki beberapa agenda lain sehingga melimpahkannya kepada Wapres.

Selain itu, dari jauh hari sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga sudah meminta Wapres untuk meresmikan bendungan dan jalan tol tersebut.

“Ini tak lain karena sudah ada koordinasi bahwa Presiden memang sudah melimpahkan peresmian keduanya pada Wapres karena Presiden ada beberapa kegiatan yang lain,” ujar Masduki.

Bendungan Cipanas merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang mampu menyuplai air untuk irigasi 9.273 hektare lahan pertanian, sekaligus memasok air baku untuk kawasan ekonomi Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana).

Bendungan Cipanas merupakan bendungan tipe urugan inti tegak yang dibangun setinggi 71 meter dengan panjang 361 meter dan luas genangan 1.316 hektare.

Pembangunan Bendungan Cipanas dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya-PT Jaya Konstruksi (KSO) untuk pembangunan tubuh bendungan dan PT Brantas Abipraya Persero dalam membangun infrastruktur pendukung dengan biaya pembangunan secara keseluruhan sebesar Rp2,06 triliun.

Sedangkan, ruas Tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari struktur jaringan Jakarta JORR 2 yang mengkoneksikan antar ruas tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek sebagai pusat kegiatan nasional.

Jaringan Tol JORR 2 terdiri atas Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,4 km), Jalan Tol Serpong-Cinere (10,1 km).

Kemudian, dilanjutkan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,6 km), Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (26,47 km), dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34 km).

Jika Ruas Tol Cimanggis-Cibitung telah diresmikan maka jaringan Jalan Tol JORR 2 terkoneksi sepenuhnya.