12 July 2024

StockReview.id – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) dapat menjadi pionir kota berbasis transportasi cerdas dan berkelanjutan.

Wapres mengatakan pemerintah saat ini tengah memadukan desain sistem transportasi cerdas dan kota pintar ke dalam pembangunan nusantara sebagai ibu kota negara Indonesia yang baru.

“Ibu Kota Nusantara diharapkan menjadi pionir kota berbasis transportasi cerdas dan berkelanjutan yang dapat menginspirasi pembangunan serupa di kota-kota lain,” kata Wapres memberi sambutan pada pembukaan The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 atau Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik Ke-19 Tahun 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, Wapres mengatakan pemerintah saat ini telah berupaya mendukung pengembangan inovasi teknologi, di antaranya melalui penetapan kebijakan standar mobil listrik, program insentif kendaraan listrik, dan program pendorong transisi lainnya.

“Dengan berbagai upaya ini, pemerintah turut serta dalam penerapan sistem transportasi cerdas ke dalam infrastruktur modern di Indonesia guna menguatkan ekonomi dan meningkatkan daya saing dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan melalui pemenuhan target nol emisi karbon sebagai upaya mencapai visi Indonesia Emas 2045,” ucap Wapres.