Gaya Hidup

Upfield Indonesia Tekankan dan Kampanyekan Pentingnya Omega 3 & 6 Untuk Anak

×

Upfield Indonesia Tekankan dan Kampanyekan Pentingnya Omega 3 & 6 Untuk Anak

Sebarkan artikel ini

SinarHarapan.id-Upaya Upfield Indonesia untuk berkomitmen edukasi dan pemahaman terhadap masyarakat akan pentingnya asupan bergizi untuk perkembang lebih baik, khususnya anak-anak.

Dengan kampanye #tambahkanBlueBand, Upfield Indonesia menekankan pentingnya Omega 3 & 6 dalam menu makanan anak-anak bagi pertumbuhan dan perkembangan.

Kampanye ini diharapkan dapat menjangkau hampir 100 juta ibu di seluruh Indonesia.

“Kampanye ini dipicu oleh kepedulian BlueBand yang melihat masih kurangnya pemahaman yang tepat tentang manfaat Omega 3 & 6 diantara para orang tua, terutama ibu yang paling sering menyiapkan menu untuk keluarga”, terang Ade Savitri, Marketing Director, Upfield Indonesia.(4/9/2024)

Kampanye #tambahkanBlueBand menganjurkan untuk menambahkan satu sendok makan BlueBand margarin krim pada menu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Kampanye ini akan menjangkau target pasar BlueBand melalui berbagai saluran, termasuk televisi, platform digital, key opinion leader (KOL) dan influencer, promosi di toko dan supermarket, dan papan billboard (out-of-home). “Kegiatan lapangan seperti kunjungan ke sekolah, kompetisi yang melibatkan guru, orang tua, dan siswa, serta inisiatif edukasi bagi pengelola kantin sekolah juga direncanakan untuk mendukung tujuan kampanye,” tambah Ade Savitri.

Lemak esensial ini sangat penting bagi tumbuh kembang anak, memainkan peran penting dalam pertumbuhan sel dan jaringan, produksi hormon, dan sebagai komponen dasar membran sel. Hal ini merupakan alasan utama mengapa Omega 3 & 6 sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa 8 dari 10 anak di Indonesia mengonsumsi Omega-3 di bawah tingkat minimum yang direkomendasikan, dan 3 dari 10 anak juga dianggap kekurangan omega-6.

Studi terbaru hasil kerja sama antara BlueBand dengan IPB University telah mengonfirmasi kebiasaan makan siswa dari daerah perkotaan dan pedesaan di Bogor dan menggarisbawahi kekurangan asupan Omega 3 dan Omega 6 umum terjadi di kalangan anak-anak.

Penelitian ini mengevaluasi program “Gerakan Sarapan Bergizi Berprestasi (GESIT)”, yang mengukur dampak intervensi pendidikan gizi dan program sarapan bergizi di sekolah selama 30 hari terhadap pengetahuan gizi, kebiasaan, asupan gizi, dan prestasi akademik anak-anak.

Penelitian ini melibatkan hampir 250 siswa berusia 9 hingga 12 tahun dari enam sekolah dasar di Bogor, yang mewakili sample daerah perkotaan dan pedesaan, yang dibagi menjadi kelompok kontrol, intervensi pendidikan gizi, dan intervensi pendidikan gizi ditambah sarapan.

“Berdasarkan penelitian terbaru mengungkapkan bahwa 74,4% anak memiliki asupan omega-3 (ALA) yang tidak memadai, dan 55,4% memiliki asupan omega-6 yang tidak memadai,” ujar Prof. Dodik Briawan, MCN, Ahli Gizi, Departemen Gizi Masyarakat, FEMA-IPB University.

“Penelitian ini juga menunjukkan peningkatan pengetahuan gizi yang signifikan di kalangan anak-anak, terutama pada kelompok EduBreakfast, di mana 69% anak-anak mendapatkan nilai yang lebih tinggi di akhir penelitian. Selain itu, asupan Omega-3 dan Omega-6 selama sarapan juga meningkat secara signifikan pada kelompok EduBreakfast. Meskipun temuan ini menggembirakan, namun hanya 12,5% dan 14% anak-anak dalam kelompok ini yang memenuhi asupan Omega 3 dan Omega 6 yang memadai.”

Demo masuk sekaligus mengkampanyekan #tambahkanBlueBand dapat memberikan variasi menu makanan para ibu bagi anak-anaknya.(RedI)
Demo masuk sekaligus mengkampanyekan #tambahkanBlueBand dapat memberikan variasi menu makanan para ibu bagi anak-anaknya.(RedI)

Sharena Delon, seorang selebriti terkenal, influencer media sosial, dan ibu dari dua orang anak, membagikan pandangan pribadinya tentang kampanye #tambahkanBlueBand. “saya bersyukur dengan kemudahan menambahkan sesendok BlueBand ke dalam makanan sehari-hari kami, ini adalah cara sederhana untuk memastikan anak-anak saya mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan yang sehat, bahkan di hari-hari yang paling sibuk sekalipun.”

“Resep-resep yang banyak tersedia di website dan IG BlueBand juga banyak membantu saya mendapatkan inspirasi menu makanan yang enak sekaligus sehat dan bergizi,” pungkas Sharena.

 

 

 

 

Kampanye BlueBand sepanjang tahun ini ingin memberikan dampak yang signifikan di seluruh Indonesia. Dengan menjangkau hampir 100 juta ibu, kampanye ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang manfaat dan pentingnya memasukkan lemak esensial nabati Omega 3 & 6 ke dalam menu makanan sehari-hari. Peningkatan kesadaran ini diharapkan dapat mendorong perubahan perilaku, memastikan bahwa ketika menyiapkan makanan keluarga, tidak hanya karbohidrat, protein, dan vitamin yang dipertimbangkan, tetapi juga asupan Omega 3 & 6 yang penting.

Dalam jangka panjang, BlueBand berharap kampanye ini dapat mengurangi jumlah anak yang kekurangan asupan Omega 3 & 6, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk masa depan yang lebih sehat bagi anak-anak Indonesia.