21 June 2024

SinarHarapan.id- Spektakuler! Mungkin itu kata yang tepat untuk mewakili single terbaru Tiara Andini yang baru saja dirilis berjudul “Ngeluwihi”.

Dari semua lini, single ini bisa dikatakan menjadi salah satu yang terbaik, setidaknya menjadi awal yang mengesankan bagi Tiara Andini untuk memulai tahun baru 2024.

Di single ini, Tiara Andini kembali menggandeng produser musik asal Korea Selatan, Hyuk Shin, yang sebelumnya pernah bekerja sama dengannya di single “Flip It Up”. Hasilnya, lagu “Ngeluwihi” juga memberikan sentuhan KPop vibes dalam aransemen musiknya.

Oke, mengapa dikatakan spektakuker? Pertama, sesuai dengan judulnya, kata “Ngeluwihi” diambil dari Bahasa Jawa yang berarti “melebihi”. Kata ini dipilih karena Tiara Andini ingin membawa asal usulnya sebagai perempuan berdarah Jawa ke dalam karyanya serta ingin menunjukkan versi lebih baik dari dirinya melalui single ini.

Walaupun sebagian besar liriknya dinyanyikan dengan Bahasa Inggris, namun di awal lagu ia memberikan penggalan lirik berbahasa Jawa yang menambah keunikan dari lagu itu sendiri.

Tidak hanya itu, Tiara juga mempertegas nuansa Jawa dalam cover artwork “Ngeluwihi” di mana ia memakai pakaian tradisional Jawa hasil kolaborasi antara Jember Fashion Carnaval (dengan Bubah Alfian sebagai director-nya), Lisa Ju, Atara Batik, dan Torenda Indonesia.

Tiara Andini Kenakan Baju Tradisional Jawa yang bernilai 3 M
Foto: Dok. istimewa

Duo desainer ByAnsoe juga turut andil dalam pakaian yang dikenakan Tiara dalam musik video tersebut. Sementara, untuk fashion director keseluruhan, Tiara Andini menggandeng Rikki Simanjuntak.

“Aku ingin membawa budaya di mana aku lahir, yaitu budaya Jawa, dan ternyata setelah dicoba hasilnya sangat memuaskan, tidak hanya lagunya, tetapi semua hasil produksinya juga melebihi ekspektasi aku sebelumnya,” ujar Tiara.

Lagu “Ngeluwihi” itu sendiri menceritakan tentang bagaimana seseorang yang diremehkan oleh orang lain pada akhirnya mampu bangkit untuk membuktikan bahwa orang tersebut salah karena ia mampu menjadi versi yang lebih baik dari dirinya sendiri.

Aransemennya sendiri, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Tiara Andini bersama sang produser Hyuk Shin kembali menampilkan nuansa musik KPop yang agresif dan sangat danceable. Unsur hip-hop, rap, R&B, pop, semua menjadi satu dalam racikan terbaik dari sang produser ditambah dengan kemampuan Tiara Andini yang menyajikannya dengan kualitas vokal yang mumpuni. Superb!

Tidak hanya itu, musik video yang ditampilkan juga membuat decak kagum siapa pun yang melihatnya. Tiara membawa konsep budaya Jawa hampir di setiap scene yang ada di musik video “Ngeluwihi” sambil menampilkan dance yang sangat apik.

Pakaian tradisional Jawa menjadi salah satu highlight yang mencuri perhatian di musik video ini. Ditambah lagi ia menampilkan “Gunungan” atau “Kayon” yang ada diperwayangan sebagai background musik videonya. FYI, “Gunungan” atau “Kayon” pada wayang itu berbentuk kerucut dan lancip ke atas yang melambangkan kehidupan manusia.

Oh ya, musik video dari “Ngeluwihi” ini dikerjakan EUIS Studio Production, dengan Timo sebagai sutradara dan Ade Yason sebagai produsernya.

Lewat single ini, Tiara Andini berharap warna musik yang ingin ditampilkan dapat diterima dan didengar oleh masyarakat lebih luas lagi. Tidak hanya di Indonesia, namun juga bisa mencakup penggemar di Asia, bahkan dunia.

“Harapannya sih tetap ingin dapat dinikmati pendengar yang lebih luas lagi, sehingga lebih banyak lagi juga yang bisa mengetahui budaya Jawa yang ditampilkan di single ini. Selain itu, semoga makna lagu ini juga bisa menjadi motivasi bagi banyak orang untuk selalu menjadi versi yang lebih baik dari diri mereka,” harap Tiara Andini.

So, langsung saja dengarkan single “Ngeluwihi” di semua platform layanan musik digital. Jangan lupa dijadikan playlist harian dan tonton juga musik videonya di kanal YouTube Tiara Andini, ya! Enjoy, guys! (atp)