21 June 2024

StockReview.id – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berupaya mencari solusi terhadap aksi penolakan yang dilakukan oleh puluhan masyarakat Desa Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, kabupaten setempat yang menolak keberadaan pengungsi etnis Rohingya di Gedung PMI Aceh Barat.

“Kami minta masyarakat agar bersabar, saat ini pemerintah daerah sedang berupaya mencari solusi untuk memindahkan pengungsi,” kata Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Barat, Teuku Samsul Alam dihadapan warga yang melakukan aksi unjukrasa, Selasa, dilansir Antara.

Teuku Samsul Alam yang juga Penanggungjawab 2 Pengungsi Rohingya Kabupaten Aceh Barat, meminta kepada masyarakat agar bersabar, mengingat pemerintah daerah masih terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kebijakan guna mengatasi persoalan ini.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat saat ini sedang melakukan komunikasi dengan Pemerintah Aceh dan pihak terkait penanganan Rohingya.

Selain itu, pemerintah daerah juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang berlebihan, terkait penempatan etnis Rohingya di Gedung PMI Aceh Barat karena sifatnya hanya sementara, kata Samsul Alam.

Sementara itu, Ali, warga Desa Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat yang juga peserta aksi meminta kepada pemerintah daerah agar secepatnya memindahkan pengungsi etnis Rohingya dari desa mereka.

Menurutnya, pada pekan lalu pemerintah daerah dan UNHCR berjanji menempatkan pengungsi tersebut di desa mereka selama lima hari.

Namun hingga menjelang enam hari keberadaan pengungsi Rohingya di desa mereka, belum ada upaya dari pemerintah daerah dan UNHCR untuk memindahkan pengungsi dari desa setempat.