12 July 2024

StockReview.id – Pemprov Sulawesi Tengah (Sulteng), memfasilitasi masyarakat di provinsi itu untuk mudik gratis menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah atau Lebaran 2024 menggunakan jalur laut menggunakan kapal motor perintis atau KMP Sabuk Nusantara 89.

Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir mengatakan, pada mudik tersebut kapal laut yang disediakan pemerintah akan melayani masyarakat dengan tujuan Ogoamas, Malala, Tolitoli, dan Buol.

Menurut Ma’mun, mudik sudah menjadi tradisi masyarakat saat menjelang merayakan hari besar keagamaan. Mudik gratis pemerintah Sulteng, adalah program rutin tahunan yang diselenggarakan untuk membantu masyarakat bisa dengan murah berkumpul bersama keluarga di saat idul fitri.

“Mudik gratis itu juga sebagai upaya menguatkan hubungan antarpemerintah dengan masyarakat,” ungkapnya.

Ma’mun menjelaskan, mudik gratis melalui jalur laut tahun ini pemerintah menyediakan 1.000 kuota memakai armada kapal perintis Sabuk Nusantara 89. Dengan rute, berangkat dari Palu tujuan Ogoamas, Malala, Tolitoli, dan Buol.

“Mudik dan baliknya sama melalui rute tersebut,” tegasnya.

Ma’mun berharap, masyarakat yang menjalani mudik gratis bisa sampai dengan selamat di kampung halaman tanpa kekurangan satu apa pun.

“Dan semoga nahkoda kapal maupun seluruh awaknya selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Terpenting menaati aturan keselamatan pelayaran,” tandasnya.