12 July 2024

Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – Penyaluran pembiayaan syariah PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) turun pada periode Mei 2024. Presiden Direktur Ristiawan Suherman menjelaskan pada periode tersebut, penyaluran pembiayaan baru berbasis syariah di CNAF hanya sebesar Rp 1,21 triliun. Nilai tersebut turun 16% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 1,45 triliun.

Dengan kinerja yang kurang memuaskan itu, membuat CNAF pun menurunkan target penyaluran pembiayaan syariah di akhir tahun. Adapun target pembiayaan syariah di akhir tahun dipatok sebesar Rp 3,64 triliun, turun 21% dari realisasi pembiayaan tahun 2023.

Tetapi meskipun targetnya turun, Ristiawan menerangkan bahwa CNAF tetap menjalankan sejumlah strategi untuk menggenjot segmen ini.

Salah satu strateginya adalah dengan mengembangkan dan memperluas layanan produk-produk yang dapat memberikan opsi dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selain itu, kata Ristiawan, CNAF juga akan meningkatkan penetrasi pembiayaan syariah dan pengembangan produk refinancing syariah.

Di sisi lain, secara keseluruhan, CNAF mencatat total pembiayaan baru di periode Mei 2024 mencapai Rp 3,90 triliun, naik 23% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yaitu Rp 3,17 triliun.