21 June 2024

SinarHarapan.id-4JAN6 BALAP TANGGUH yang diselenggarakan oleh Pertamina Enduro berhasil menyelesaikan tahap akhirnya.

Empat finalis balapan simulator terpilih menjadi yang terbaik dari gelaran lomba di enam kota – Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan. Grand Final ini juga diadakan di hari yang sama dengan presentasi tim dan peluncuran livery Pertamina Enduro VR46 Racing Team di Riccione, Italia.
Gilang, peserta dari Boyolali, berhasil menjuarai kompetisi ini dengan waktu impresif 05:09:640 dalam total tiga putaran, mengungguli tiga pembalap tercepat lainnya. Menyusul posisi Gilang, Erick–peserta dari Makassar dan merupakan anggota Fans Club Valentino Rossi Indonesia (FCVRI)–berhasil menduduki posisi kedua dengan waktu 05:19:790.
Sedangkan Dipo Akbar dari Jakarta, seorang juara MotoGP eSport Rising Stars Series 2023, menempati posisi ketiga dengan waktu 05:20:640, dan Aditya dari Bekasi di posisi keempat dengan waktu 06:01:824.

Berbekal tekad yang kuat, Gilang awalnya mengarungi perjalanan dari Boyolali menuju Sleman, Yogyakarta untuk mengikuti babak pertama kompetisi simulator MotoGP 4JAN6 BALAP TANGGUH. Tidak disangka, Gilang berhasil mengungguli pencapaian skor di wilayah Yogyakarta, bahkan mendapatkan kesempatan melanjutkan perjuangannya hingga tahap Grand Final di Jakarta.

“Niat awal cuma mau have fun, tapi tekanan meningkat setelah mendapat banyak dukungan dan ekspektasi dari keluarga. Meski begitu, saya merasa lega dan senang bisa mencatat waktu 1:38 di simulator, sesuatu yang tidak pernah saya duga,” ujarnya setelah Grand Final selesai.(25/1/2024)

Keberhasilan Gilang tidak hanya mendapatkan apresiasi dari penggemar balap, tetapi juga dari pihak keluarganya. Pemuda berusia 20 tahun tersebut berencana menggunakan hadiah uang tunai untuk biaya kuliah dan memenuhi permintaan sederhana ibunya.

“Setelah menang di Yogyakarta lalu, saya langsung telepon Ibu dan tanya beliau mau dibeliin apa karena sebelumnya sudah janji untuk bawa pulang 1 juta rupiah. Ternyata Ibu cuman mau cetakan bakwan dan peyek. Besoknya saya makan-makan juga sama keluarga buat merayakan. Habis itu Ibu ternyata mengubah permintaan yakni minta cetakan bakwan dan cetakan telur beserta kelengkapan masak lainnya,” ujar Gilang. “Akhirnya saya beliin di e-commerce. Sudah datang dan sudah dipakai”, imbuhnya.

Sebagai juara, Gilang memenangkan tiket dan akomodasi untuk MotoGP Mandalika dan hadiah 10 juta rupiah. Juara kedua juga menerima tiket dan akomodasi untuk MotoGP Mandalika, dan 5 juta rupiah, sementara juara ketiga dan keempat masing-masing mendapatkan 3 juta dan 2 juta rupiah.(isn)