18 June 2024

Para Pengusaha yang tergabung dalam KIKT (Kadin Indonesia Komite Tingkok) saat berhalalbihalal sekaligus melakukan pengumpulan dana dukungan bagi timnas U-23. (Dok/SH.ID).

SinarHarapan.id – Prestasi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia 2024 membuat gairah dukungan dari masyarakat mengalir deras setelah Marselino Ferdinan dan kawan-kawan sukses membuat Korea Selatan angkat koper usai menang lewat drama adu pinalti di babak 8 besar.

Berkat penampilan mereka yang luar biasa, Garuda Muda mendapatkan dukungan finansial senilai Rp 23 miliar dari 23 pengusaha yang diinisiasi oleh Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT). Pengumpulan dana yang dipimpin oleh Maruarar Sirait ini dilakukan secara spontan dalam acara syukuran dan halalbihalal KIKT, Minggu (28/4/2024).

Adapun dari 23 pengusaha tersebut, MMS Group Indonesia (MMSGI) turut berpartisipasi dalam memberikan apresiasi kepada tim besutan Shin Tae Yong sebagai motivasi agar Timnas U-23 dapat menembus ajang Olimpiade Paris. MMS Group Indonesia (MMSGI) adalah perusahaan multi bisnis di bidang energi dan properti dengan prinsip berkelanjutan yang telah beroperasi selama hampir dua dekade.

MMSGI memiliki 3 pilar bisnis utama, yaitu MMS Resources, MMS Land, dan MMS Solution yang tersebar di seluruh Indonesia. Budi Simin selaku founder dari MMSGI mengatakan jika sumbangsih MMSGI kepada Timnas U-23 layak diberikan usai menorehkan sejarah di buku sepakbola Indonesia.

Tim Garuda muda dalam laga mereka saat melawan Uzbekistan di babak semifinal hingga takluk 0-2. (Ist).

“Kami bangga atas pencapaian para pemain di Timnas U23 yang turut mengharumkan nama bangsa, kami MMSGI ingin menunjukkan apresiasi kami kepada para Timnas U23 sebagaimana hal ini merupakan misi perusahaan kami untuk terus mendukung anak bangsa agar dapat terus membawa nama Indonesia ke kancah internasional.”

Selain MMSGI, sejumlah pengusaha yang hadir dalam acara pemberian apresiasi untuk Timnas U-23 diantaranya Boy Thohir, Arsjad Rasjid, Shinta Kamdani, CEO Indofood dan Salim Group Anthony Salim, bos Alfamart Djoko Susanto, bos ACE Hardware Kuncoro Wibowo, dan bos Bali United Pieter Tanuri.

Ketua PSSI Erick Thohir yang turut hadir di acara ini mengatakan jika prestasi sepakbola Indonesia berhasil menjadi elemen pemersatu bangsa sehingga menggugah kepedulian dari para pengusaha kelas atas Indonesia.

“Sebagai ketua PSSI inilah kehormatan yang luar biasa. Di mana para pengusaha peduli, karena memang kita mesti buktikan, sepak bola ini mempersatukan Indonesia,” kata Erick.

Timnas Indonesia mencetak sejarah baru setelah melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 usai mengalahkan Korea Selatan lewat babak adu penalti.

Tiket Olimpiade dapat diperoleh jika mampu menyelesaikan Piala Asia U-23 di posisi tiga besar, atau memenangi pertandingan playoff antar konfederasi melawan Guinea yang akan dimainkan pada awal Mei mendatang.  (non)