23 July 2024

StockReview.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, penggunaan sistem transportasi cerdas merupakan solusi yang tepat dalam mengatasi masalah urbanisasi yang kian meningkat.

Budi mengatakan, populasi dunia sangat berkembang pesat dengan mayoritas penduduk tinggal di perkotaan. Pada 2050 diperkirakan 2/3 dari penduduk di seluruh dunia akan tinggal di perkotaan.

“Hal ini menghadirkan tantangan yang berat terhadap transportasi berupa kemacetan lalu lintas, kecelakaan, polusi gas karbon. Dan sistem transportasi cerdas ITS (Intelligent Transport System) dapat mengatasi masalah ini bila menggunakan berbagai teknologi,” kata Menhub saat memberikan sambutan dalam pembukaan The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa.

Menurut Menhub, transportasi cerdas dapat membantu dalam upaya mengatasi tantangan transportasi yang besar, perubahan iklim kemajuan teknologi. Sistem transportasi cerdas menawarkan efisiensi, keselamatan, dan keberlanjutan dalam pergerakan orang dan barang.

“Pagi ini kami para menteri, para duta besar, para perwakilan internasional dan juga beberapa pemerintah daerah melakukan diskusi meja bundar tingkat tinggi untuk berbagi pengalaman dalam mencapai visi mobilitas perkotaan yang berkelanjutan,” ucap Menhub. (end)