17 June 2024

Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) berencana melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu III (PMTHMETD III) atau Private Placement.

Dalam prospektus ringkasya, manajemen MDKA menyampaikan dalam aksi koporasinya ini, MDKA berencana mengeluarkan maksimal sebanyak 2.447.298.377 lembar saham baru atau maksimum 10% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor dalam perseroan yang akan diterbitkan dari saham portepel dengan nilai nominal Rp20 per lembar sabam.

Adapun dana dari hasil Private Placement ini sebesar 30% akan digunakan untuk kebutuhan modal kerja MDKA dan group serta untuk pengembangan usaha Perseroan dan grup perseroan, baik dalam bentuk belanja modal dan/atau pembelian saham dan/atau pembelian aset dan/atau penyertaan saham serta metode transaksi yang sesuai pada satu atau lebih perusahaan dengan industri yang sesuai atau terkait dengan kegiatan usaha Perseroan dan Grup.

Penerbitan saham baru dari PMTHMETD III akan meningkatkan jumlah saham yang akan dikeluarkan perseroan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan likuiditas perdagangan saham perseroan nantinya serta akan memberikan dana tambahan bagi perseroan untuk mendukung pengembangan kegiatan usaha perseroan dan memperkuat struktur permodalan perseroan. Manfaat tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan nilai tambahan bagi para pemegang saham Perseroan.

Setelah pelaksanaan PMHEMTD III menjadi efektif, persentase kepemilikan saham dari pemegang saham perseroan saat ini akan mengalami dilusi sebesar maksimum 9,091%.

Untuk melancarkan aksi korporasi ini maka MDKA akan meminta Persetujuan dalam Rapat Umum pemegang saham Luar biasa yang akan digelar pada tanggal 12 Juni 2024.