12 July 2024

StockReview.id – Raksasa teknologi Tiongkok, Huawei, mulai menjual dua model seri ponsel pintar Pura 70 kelas atas yang sangat dinanti-nantikan pada hari Kamis (18 April) yang diperkirakan banyak analis akan berisi chip canggih buatan Tiongkok seperti ponsel Mate 60.

Seri Pura yang dikembangkan oleh perusahaan yang berkantor pusat di Shenzhen ini memiliki kamera canggih dan terkenal dengan desainnya yang ramping, sedangkan seri Mate mengedepankan performa dan fitur bisnis.

Peluncuran seri Mate 60 Huawei tahun lalu dirayakan oleh media pemerintah Tiongkok sebagai kemenangan atas sanksi AS terhadap perusahaan tersebut, karena ponsel tersebut berisi chip canggih buatan Tiongkok yang dianggap hanya beberapa generasi di belakang chip mutakhir yang digunakan oleh negara-negara Barat. raksasa teknologi seperti Apple dan Google dalam hal kekuatan komputasi.

Eric Xu, penjabat ketua Huawei, pada hari Rabu mengatakan pada sebuah forum di Shenzhen bahwa perusahaan juga berencana untuk meluncurkan ponsel pintar Mate 70 tahun ini.

Versi Pro dan Ultra dari Pura 70 tersedia pada hari Kamis, sedangkan versi Plus dan dasar akan mulai dijual pada 22 April. Ponsel tersebut kehabisan stok di toko online resmi Huawei hanya satu menit setelah penjualan dimulai, dan ratusan merek tersebut penggemar mengantri di toko Huawei di Beijing, Shanghai, dan Shenzhen.

Salah satu pelanggan, Lucas Zhuang, menguji kecepatan jaringan Pura 70 dan mengatakan sudah berada pada level 5G. Washington telah melarang pemberian lisensi chip 5G ke Tiongkok, tetapi ponsel Mate 60 Huawei dalam banyak kasus sudah mampu mencapai kecepatan 5G meskipun Huawei tidak mencapnya sebagai 5G.

“Kami tidak tahu chip apa yang ada di dalam Pura 70. Kami baru mengetahuinya setelah kami membelinya,” kata Zhuang, yang sudah memiliki Mate 60, kepada Reuters setelah mengantri di toko andalan Huawei di Shanghai.

“Tapi kami yakin chip yang dimilikinya pasti akan memenuhi kebutuhan masyarakat.”

Ivan Lam, analis senior di firma riset Counterpoint, mengatakan dia memperkirakan pengiriman sekitar 60 juta unit dari Huawei tahun ini, dengan seri Pura 70 menjadi katalis penting. Tahun lalu, Huawei menjual sekitar 32 juta ponsel pintar.

“Mungkin ada kekurangan di berbagai saluran tetapi pasokan akan jauh lebih baik dibandingkan saat Mate 60 diluncurkan. Kami tidak memperkirakan akan terjadi kekurangan dalam jangka panjang,” katanya.

Seri Pura 70 memiliki empat varian: 70, 70 Plus, 70 Pro, dan 70 Ultra. Harga awal untuk seri Pura 70 adalah 5.499 yuan.