BALI (SinarHarapan.id) – Sebagai salah satu bentuk apresiasi untuk pelanggan setianya, dalam menyambut hari jadi ke-24, Biznet memberikan promo spesial khusus yaitu bonus upgrade bandwidth 150 Mbps untuk seluruh pelanggan Biznet Home.
“Momen ini juga menjadi waktu yang tepat untuk saya, mewakili keluarga besar Biznet, mengucapkan terima kasih atas dukungannya, baik dari pelanggan, rekan bisnis hingga rekan media di Indonesia. Karena kami percaya bahwa Biznet bisa sampai di usia ini berkat dukungan dan kepercayaan dari semua pihak. Dan dengan hal ini, kami dan seluruh karyawan di dalamnya akan terus termotivasi untuk berinovasi menghadirkan layanan yang lebih baik lagi sehingga apa yang kita berikan kepada masyarakat adalah apa yang memang menjadi kebutuhan masyarakat itu sendiri, sehingga dapat terus bermanfaat hingga ke masa depan,” tutur President Director Biznet, Adi Kusma dalam keterangan tertulisnya.
Sementara itu, Menurut Vice President Territory East, Dedy Pramulia didampingi Senior Manager Territory East 3 Kenisa Kristo Marnaektua di Kuta, Kamis (3/10), dengan perjalanan lebih dari dua dekade di industri teknologi dan telekomunikasi, Biznet telah menghadirkan infrastruktur digital terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan digital masyarakat Indonesia.
“Saat ini kami berhasil mengoperasikan kabel bawah laut pertama yang diberi nama Biznet Nusantara Cable System-1 (BNCS-1), menghubungkan jaringan Pulau Jawa dan Sumatra serta Bangka, membawa pilihan layanan Internet baru yang lebih berkualitas bagi masyarakat,” ungkap Dedy Pramulia.
BNCS-1 telah diluncurkan secara resmi pada Juni 2024, sebagai salah satu upaya mewujudkan visi perusahaan untuk dapat mengurangi kesenjangan digital dengan pemerataan akses koneksi Internet yang mampu mendukung transformasi digital.
Pembangunan infrastruktur kabel fiber optic bawah laut pertama ini tentunya dapat menyamaratakan kualitas Internet di Pulau Sumatra dengan di Pulau Jawa, yang sudah bisa menghadirkan bandwidth lebih besar hingga 300 Mbps untuk layanan Biznet Home, Internet untuk perumahan dan apartemen, dan hingga 900 Mbps untuk layanan Biznet Metronet, layanan untuk segmen UKM.
“Ini memberikan kesempatan masyarakat di wilayah Sumatra untuk merasakan Internet yang lebih cepat dan andal. Tidak sampai di situ, upaya melakukan pemerataan akses Internet di seluruh Indonesia pun akan terus dilakukan dimana kami juga akan segera melanjutkan pembangunan jaringan kabel fiber optik bawah laut kembali melalui Biznet Nusantara Cable System-2 (BNCS-2),” papar Dedy.
Pembangunan jaringan kabel bawah laut atau Biznet Submarine Cable Network ini juga dibarengi dengan proses perluasan jaringan ke lebih banyak area di Indonesia, dengan harapan dapat menjadi solusi dalam menghubungkan jaringan Biznet Fiber antar pulau dan dunia. Perluasan jaringan selalu menjadi fokus utama Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia.
Hingga menginjak usia ke 24 tahun, Biznet telah berhasil menggelar jaringan The New Biznet Fiber sepanjang lebih dari 100,000 KM dengan lebih dari 3,000,000 homepass yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Bangka, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Flores dan Timor.
“Selain pembangunan kabel bawah laut, kami juga fokus untuk melebarkan lagi jaringan kami ke lebih banyak wilayah di Indonesia. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa Internet dan infrastruktur digital yang handal inilah yang saat ini dibutuhkan masyarakat Indonesia untuk mampu bersaing dan bertahan di era digital saat ini,” tambahnya.
Selain fokus pada ekspansi jaringan, lanjut Dedy Pramulia, pihaknya juga tetap meningkatkan kualitas layanan yang dapat menjawab segala kebutuhan digital pelanggan. Sesuai data survei yang dikeluarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2024, sekitar 59,35% tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap penyedia layanan Internet tetap atau fixed broadband Internet adalah pada aspek kecepatan dan kestabilan, dan 30,57% pada aspek harga dan promo yang diberikan provider atau penyedia layanan.
“Hal ini membuktikan bahwa masyarakat saat ini sudah cukup mengerti akan kebutuhannya, karena itu, Biznet pun terus berupaya memberikan jawaban atas kebutuhan tersebut dengan menghadirkan layanan yang didukung oleh teknologi terkini yang lebih handal, yang mampu menghadirkan Internet dengan kapasitas bandwidth yang jauh lebih besar dan membuat layanan Biznet menjadi lebih cepat dan stabil dalam kondisi apapun,” ujar Dedy.
Pada usia 24 tahun ini pun Biznet juga menghadirkan inovasi dalam mengakomodasi kebutuhan pelanggan melalui kolaborasi dengan PT AEON Credit Service Indonesia (AEON) untuk meluncurkan Co-Branding Credit Card di kuartal ke-4 2024 dimana dengan kolaborasi ini, Biznet menjadi ISP (Internet Service Provider) pertama yang menjadi partner Co-brand Kartu Kredit di Indonesia. Melalui kerjasama ini, Biznet dan AEON meyakini dapat memperluas layanan kedua belah pihak dan memberikan kemudahan pembayaran bagi pelanggan Biznet dengan keuntungan menarik yang ditawarkan melalui Kartu Kredit Biznet.
Selain itu, dengan coverage area di lebih dari 180 kota, salah satu provider internet ini juga memahami kebutuhan dan daya beli masyarakat Indonesia, khususnya di second dan third cities, yaitu dengan menghadirkan layanan yang lebih terjangkau bagi masyarakat dengan penurunan harga layanan untuk segmen retail sebesar 30% di beberapa kota kabupaten di Indonesia.
Tak hanya itu, Biznet melalui layanan untuk segmen bisnis UKM/startup yaitu Biznet Metronet juga menghadirkan layanan terbaru dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar namun dengan harga yang tetap sama.
“Kami melihat bahwa Internet yang cepat dan stabil memang sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat saat ini. Karena itu sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, kami menyediakan layanan yang beragam yang dapat dipilih sesuai kebutuhan masyarakat masing-masing, tentunya dengan kualitas unggulan yaitu bandwidth yang besar, upload download simetris dan terjangkau bagi masyarakat,” tambahnya.