23 July 2024

Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – Hasil riset Galaxy Digital itu juga mengungkapkan, bahwa popularitas meme coin bisa terus berlanjut, karena merupakan medium ekspresi baru dari budaya internet yang kekinian, dan secara khusus merupakan landasan penting ekonomi kripto. Di tengah semarak meme coin yang meningkat di tahun 2024, blockchain Solana ternyata menjadi rumah utama bagi sebagian besar kripto berbasis meme itu.

Meme coin adalah salah satu jenis kripto yang dibuat atau diterbitkan di blockchain berdasarkan meme internet atau konsep humor terkenal. Koin-koin ini merupakan representasi ataupun tokenisasi atas ide-ide yang viral, sering kali menampilkan tema yang lucu ataupun satir, bahkan tak jarang absurd.

Tidak seperti kripto biasa, seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) yang dikenal karena inovasi teknologinya, meme coin biasanya tidak memiliki utilitas intrinsik atau kegunaan praktis. Sebaliknya, semarak meme coin mendapatkan nilai dan popularitasnya dari daya tarik viral, dukungan komunitas, dan sifat spekulatif terhadap perdagangan kripto itu, baik di centralized crypto exchange (CEX) dan decentralized crypto exchange (DEX).

Contoh meme coin terkenal dan bernilai pasar tertinggi di sektor ini adalah Dogecoin (DOGE), yang awalnya dibuat sebagai parodi terhadap Bitcoin pada 2013, tetapi sejak itu mendapatkan nilai pasar dan popularitas yang signifikan, salah satunya berkat Elon Musk.

Contoh lainnya yang popular adalah Shiba Inu (SHIB) di blockchain Ethereum sama-sama bertema anjing shiba inu Kaboshu asal Jepang dan dinarasikan oposan terhadap DOGE. Ada pula Pepe Coin (PEPE) bertema meme internet popular Pepe the Frog karya Matt Furie dan lain sebagainya yang memberikan return hingga ribuan persen dalam waktu singkat.

Bahkan akhir-akhir ini banyak meme coin yang mengusung tema-tema selebritas higga calon presiden Donald Trump. Trump sendiri sudah memperkaya program kampanyenya lewat penerbitan NFT.

“Dogecoin memang diakui sebagai meme coin pelopor, tetapi dalam beberapa tahun terakhir semarak meme coin semakin menjadi-jadi. Kami memperkirakan bahwa meme coin di permissionless blockchain saat ini memiliki total kapitalisasi pasar lebih dari US$60 miliar. Pertumbuhan meme coin didasarkan pada hubungan moneter yang terbagi di antara pemegang proyek non-fungible token (NFT) dan menunjukkan bahwa komunitas, budaya, kelompok, dan tren mungkin semakin mengandalkan instrumen moneter untuk spekulasi,” tertera dalam catatan riset Galaxy Digital itu.

Nilai pasar yang cukup gurih itu, berdasarkan catatan Galaxy Digital, Solana menjadi blockchain utama untuk sejumlah besar meme coin pada tahun 2024. Penyebabnya adalah biaya transaksi yang rendah di Solana menjadi penekan hambatan bagi pengguna yang ingin membuat dan memperdagangkan meme coin.

“Selain itu kecepatan konfirmasi transaksi yang cepat membuat pengalaman menggunakan blockchain ini setara dengan mengunggah konten meme lewat browser di internet,” jelas perusahaan itu.

Akhir tahun 2023 menjadi titik balik untuk keberadaan meme di blockchain. Rata-rata ada sekitar 9 ribu token baru per hari antara Agustus hingga November 2023, Solana sekarang rata-rata lebih dari tiga kali lipatnya sekitar 28 ribu token per hari. Pada puncaknya, mencapai 100.000 token baru per hari menggunakan rata-rata pergerakan 30 hari (670.000 secara langsung).

“Meskipun tidak semua token ini adalah meme coin, budaya meme besar yang ada di Solana memungkinkan blockchain ini menjadi proxy untuk pembuatan meme coin secara umum di pasar kripto,” terang Galaxy.

Meme coin berbasis blockchain Solana teratas berdasarkan kapitalisasi pasar telah rata-rata bernilai antara US$91 juta dan US$109 juta volume swap on-chain selama 30 hari terakhir. Bonk dan WIF, dua meme coin Solana terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, telah rata-rata 59 persen dari volume selama periode itu.

Dengan meningkatnya volume, basis pengguna juga berkembang. Sepuluh dari meme coin terkemuka Solana memiliki lebih dari 1,136 juta pemegang unik secara kombinasi. Perlu dicatat, angka ini menghitung address yang memegang lebih dari satu dari meme coin yang disertakan sebagai satu pemegang. Tren ini menyoroti jangkauan yang telah dicapai oleh meme coin dan kecepatan dengan mana tren ini menjadi viral.