17 June 2024

StockReview.id – PT Brantas Abipraya (Persero) memastikan Bendungan Sepaku Semoi yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur siap memasok air untuk beberapa daerah di Kalimantan.

Sugeng Rochadi, Direktur Utama Brantas Abipraya mengatakan bendungan ini memiliki kapasitas sebesar 2.000 liter per detik untuk IKN dan 500 liter per detik untuk daerah Balikpapan.

“Dengan luas genangan 322 hektar dan kapasitas tamping 16,17 juta meter kubik, nantinya bendungan ini juga dapat menjadi solusi banjir di IKN,” ujar Sugeng dalam keterangan tertulis.

Bendungan ini juga memiliki luas genangan kurang lebih 280 hektar sehingga nantinya saat musim kemarau Bendungan Sepaku Semoi dapat menyokong suplai air sehingga meminilisir dampak kekeringan.

“Masyarakat tak perlu lagi khawatir akan tertimpa kekeringan di area persawahan,” imbuh Sugeng Rochadi.

Lanjut Sugeng, Bendungan Sepaku Semoi memiliki tinggi 25 meter dan panjang 450 meter ini juga berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata di Kalimantan Timur. Awal Juni lalu, proyek ini baru saja diresmikan Presiden Jokowi sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).