BALI (SinarHarapan.id) – Berbagai budaya nusantara akan disuguhkan The Apurva Kempinski Bali kepada para tamu yang menginap di hotel bintang lima ini. Menurut Asst. Director of Marketing & Communications, Revina Chandra, saat Press Conference Brand Campaign Launching di Nusa Dua, Bali, Senin (3/2) pihaknya ingin tetap mempresentasikan diri sebagai destinasi saat tamu datang dan menginap di hotel yang terletak di Nusa Dua ini, akan mendapat pengalaman Indonesia.
“Jadi saat guest itu datang tidak hanya mendapat experience Bali tapi Infonesia dan bagaimana mereka bisa mempelajari dan mengenal culture kita, itu kita siapkan dari pertunjukan musik, eksibisi lukisan di lobi sampai menyuguhkan kuliner khas nusantara,” ungkap Revina Chandra.
Ia menambahkan, untuk tamu yang menginap di hotel ini sejak tahun lalu 70 persen di antaranya internasional. Untuk pasar utama, Revina menyebutkan Australia karena alasan dari segi penerbangan dekat dengan Bali. “Lalu kita ada dari USA, dari China, Korea dan dari India. Terkait long staynya untuk domestik kurang lebih tiga malam tapi untuk internasional sekitar lima malam,” tambahnya.
Sementara itu, saat press conference yang dipandu Offline Moderator Danti Yuliandari, sejumlah program yang mengedepankan budaya lokal akan disajikan kepada para tamu yang menginap di hotel bintang lima ini. Yang terdekat pada Februari ini akan ada sajian Japanese Emperor Dinner, bekerja sama dengan chef collaboration, serta pada Maret ada pergantian gallery of art di lobby untuk eksibhisi lukisan dan juga launching Suara Apurva dengan menggandeng musisi nasional Indra Lesmana.
Selain itu, untuk program berkelanjutan, Director of Hygiene, Safety & Sustainability, Intan Sari menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah program seperti penyerapan karbon di lingkungan Apurva Kempinski. “Dari 13 hektar lahan di sini, lima hektar di antaranya merupakan lahan hijau. Kondisi ini tentunya akan bisa dijadikan sebagai lahan penyerapan karbon yang sebagaian besar dihasilkan dari penggunaan bahan bakar seperti solar di tempat ini,” ujar Intan Sari.
Selain itu, pihaknya juga menyiapkan program pengolahan sampah, di mana untuk sampah organik nantinya akan diolah menjadi pupuk yang akan diberikan kepada petani sekitarnya.
Penggunaan bahan lokal juga akan diterapkan divisi beverage. Beverage Manager, I Putu Surya menegaskan pihaknya dalam meracik minuman yang disuguhkan ke tamu selalu mengutamakan bahan lokal. Salah satunya penggunaan air mineral dari Bali, yakni Balian yang diambil dari mata air di Gunung Agung disiapkan di setiap kamar di hotel tersebut.
Sementara untuk kebugaran, penggunaan bahan-bahan lokal seperti jamu juga akan menjadi pengalaman unik tamu yang berkunjung di spa Apurva Kempinski. Director of Spa, Ira Maharani menyatakan, pihaknya mengutamakan penggunaan bahan yang berasal dari budaya lokal, baik dari Bali maupun Indonesia secara keseluruhan.